|

Sandiaga S. Uno pada HUT ke-4 Asprindo: Semoga ASPRINDO Dapat Menyusul KADIN Dan HIPMI

Teks Foto: Ketua Umum Asprindo Jose Rizal, Ketua Dewan Pembina Asprindo, Rizal Ramli, dan para pengurus DPP, DPW, DPC, DPLN dan UMKM di bawah binaan Asprindo
Media Nasional Obor Keadilan| Jakarta (16/5-20222), Tahun ini, usia Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) menginjak tahun ke-4. Dalam usia belia ini, Asprindo diharapkan mampu menjadi organisasi yang kuat, bermartabat, dan menebar manfaat bagi anggotanya. 

Harapan ini disampaikan  Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sekaligus Ketua Dewan Penasehat Asprindo, pada acara Halal Bihalal sekaligus peringatan HUT ke-4 Asprindo, yang digelar secara hybrid (daring dan luring) di Jakarta, 14 Mei kemarin.  

Berikut Ungkapan  Sandiaga Uno:

"Saya berharap semoga Asprindo mampu menjadi wadah bagi kebangkitan pengusaha-pengusaha Bumiputera di kancah perekonomian nasional, menyusul KADIN dan HIPMI," tegasnya. 

Asprindo, menurutnya, dapat menjadi solusi dalam menopang perekonomian bangsa, membawa pengusaha bumiputera menjadi tuan di negeri sendiri. 

Karena itu, Asprindo diharapkan mampu mendorong optimalisasi usaha mikro, kecil dan menengah, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus mampu mengorkestrasi semua komponen bangsa, mulai dari pengusaha besar, menengah, dan kecil, para profesional, para tokoh dan public figure, untuk bersama-sama, berkolabotari membangun ekonomi bangsa. 




Ke depan, Menparekraf ini juga berharap agar kerjasama Asprindo dengan berbagai pihak, terutama dengan kemenparekraf dapat terjalin lebih baik lagi, khususnya dalam mengembangkan 244 desa wisata; maupun program-program strategis lainnya. Dengan demikian, Asprindo diharapkan dapat menjadi salah satu lokomotif pemulihan perekonomian nasional. 

Pada acara yang juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Asprindo, Rizal Ramli, dan para pengurus DPP, DPW, DPC, DPLN dan UMKM di bawah binaan Asprindo, Menteri Sandiaga Uno juga secara khusus sempat mendengarkan harapan Ketua DPW Asprindo Kalimantan Utara. Ia berjanji untuk mengunjungi provinsi termuda di Indonesia itu dalam waktu dekat. "Saya bersama dengan Ketua Umum Asprindo, Pak Jose Rizal akan meresmikan Desa Wisata di Kaltara," janjinya. Sekadar menjadi catatan, atas inisiatif DPP dan DPW Asprindo, pemda Kaltara telah didorong untuk membawa 5 desa wisata ke kancah nasional yang diharapkan kelak menjadi bagian dari 50 desa wisata unggulan di Indonesia. 

Menjemput Bola

Ketua Umum Asprindo, Jose Rizal, sebelumnya menyampaikan bahwa meski 2 tahun dilanda pandemi Covid-19 dan mengakibatkan mobilitas terbatas, Asprindo tidak mengalami kevakuman. Berbagai kerjasama rintisan dilakukan dengan berbagai pihak. Selain dengan Kemenparekraf, Asprindo juga sudah menandatangani kerjasama dengan BPKS (Badan Pengusahaan Kawasan Bebas Sabang) dan Yayasan Desa Emas. "Meskipun belum dapat kita optimalkan pemanfaatannya, tapi dengan rintisan kerjasama ini, akan kita wujudkan secara nyata tahun ini."

Karena itu, menurut Jose Rizal, peringatan HUT tahun ini mengambil tema "Pandemi Berlalu, Ekonomi Bangkit bersama Asprindo". 

"Saya berharap para pengurus DPW dan DPC dapat proaktif menjemput bola. Kerjasama sudah kita lakukan, semua dengan durasi yang cukup panjang, sehingga saya berharap DPW/DPC dapat mengambil inisiatif untuk menindaklanjuti kerjasama dimaksud."

Ketua Dewan Pembina Asprindo, Rizal Ramli, yang pada kesempatan tersebut menyampaikan keinginannya maju sebagai calon presiden 2024, juga menyampaikan rasa salut pada Asprindo. "Orang-orang Asprindo bermental kuat, pantang menyerah. Orang-orang Asprindo jagoan!" Dan karena itu ia optimis Asprindo akan berperan penting ke depan dalam membangun dan memajukan pengusaha Bumiputera.(*)

Laporan: Obor Panjaitan

Komentar

Berita Terkini