|

Lakukan Aksi Protes,Puluhan Emak-Emak Seruduk PKS PT. SAS Muara Basung

OBORKEADILAN.COM| Bengkalis - Riau | Jum'at 22 Mei 2020| Hari masih pagi,matahari baru beranjak naik,pada hari ini jum'at (22/5) sekitar pukul 09:00 wib,terlihat puluhan kaum ibu berkerumun di depan halaman luar Pabrik Kelapa Sawit Milik PT. Sawit Anugrah Sejahtera yang terletak di jalan lintas Pekanbaru - Duri desa Muara Basung kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Riau.

Video Terkait

Ternyata sekitar 30an orang emak-emak tersebut sedang melakukan aksi protes kepada pihak managament perusahaan pengelola minyak kelapa sawit tersebut,pasalnya pada hari sebelumnya pihak PT.SAS melakukan pembagian bantuan berupa sembako terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Pabrik.

Namun, penerima bantuan sembako tersebut bukan warga masyarakat sekitar lingkungan pabrik melainkan warga yang bermukim jauh dari lingkungan pabrik,sebab bantuan tersebut diserahkan oleh PT.SAS kepada pihak Desa namun pembagian yang dilakukan oleh pihak desa menurut mereka tidak tepat pada sasaran penerima yang seharusnya.

Cindra kirana dewi ,Salah seorang peserta aksi protes tersebut yang sempat diwawancara oleh media dilokasi kejadian menyebutkan, bahwa aksi protes ini mereka lakukan disebabkan pembagian tersebut dinilai tebang pilih dan tanpa melibatkan RT setempat,sehingga tidak tepat sasaran.

" kami warga sekitaran lingkungan pabrik ini pak,selama 7 tahun pabrik ini berdiri disini,selama itu pula kami merasakan dampak nya terhadap kami baik itu lingkungan maupun kesehatan,tetapi saat ada bantuan dari perusahaan ini,bukan kami yang terlebih dahulu diutamakan melainkan warga yang lain,dulu begitu juga,maka pernah juga kami buat begini barulah di perhatikan sekarang mau gitu juga.." ujar seorang ibu peserta aksi menjelaskan kepihak Security yang menghadang mereka.

Kehadiran ibu-ibu tersebut tidak mendapat respon yang baik dari pihak management perusahaan, hanya para security yang melayani para peserta aksi protes,sementara Humas tidak berada ditempat,demikian pula ketika awak media yang ingin melakukan konfirmasi, security mengatakan bahwa humas mereka sedang tidak berada ditempat,bahkan ketika diminta untuk menghubungi pihak keamanan tersebut menolak untuk melakukannya.

Informasi terakhir yang diperoleh awak media dari RT setempat, akhirnya pihak perusahaan menjawab dengan mengatakan akan merealiasikan bantuan sembako tersebut kepada warga sekitar lingkungan pabrik yang melakukan aksi protes setelah lebaran nanti,hingga berita ini ditayangkan pihak media belum dapat melakukan konfirmasi dengan menegement perusahaan.(*)

Reporter : Taufik Ramadhan
Editor : Yuni Shara /Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini