|

Ratusan Ide Inovatif Disuguhkan Pada BID Cluster 3 Toba Samosir


OBORKEADILAN.COM| Balige|  Sebanyak 210 inovasi desa yang terdiri dari tiga bidang yakni Infrastruktur (36 inovasi),  Sumber Daya Manusia (66 inovasi), dan Kewirausahaan (108 inovasi) dipamerkan panitia Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster 3 Kabupaten Toba Samosir.

Bursa itu sendiri yang merupakan gabungan dari 5 Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan yakni Porsea, Parmaksian, Uluan, Siantar Narumonda (sinar) dan Pintu Pohan Meranti (PPM)  dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Porsea, Selasa (15/10/2019).

Wakil Bupati Tobasa, Ir Hulman Sitorus dalam awal sambutannya memberi apresiasi atas kinerja para panitia Cluster 3 yang mampu menyelenggarakan bursa dengan sangat baik, rapi dan terarah.
 
"Untuk mengaktifkan perencanaan pembangunan desa, maka perencana desa perlu mengembangkan wawasan yang inovatif. Salah satu caranya yaitu dengan belajar dari cara sukses dan inovatif dari desa lainnya".

Semoga melalui kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) ini, pertukaran pengetahuan antar desa berjalan dan proses pembelajaran satu sama lain bekerja serta menghasilkan sistem perencanaan pembangunan yang efektif karena memiliki daya inovatif sebagaimana yang diharapkan," pungkasnya.

Tampak mendampingi Hulman sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Kadis PMD PA Henry Silalahi, Kadis Kominfo Lalo H Simanjuntak, Kadisnaker Tumpal Sianturi, Kasatpol PP Tito Siahaan dan Asisten 3 Parulian Siregar serta Sejtetaris Dinas PMD PA Melati Silalahi.

Sementara itu, mewakili para camat, Robert Manurung yang sekaligus sebagai tuan rumah menekankan agar segenap desa dari lima kecamatan dapat menerapkan ide inovasi yang disuguhkan dalam BID itu dan menerapkan di desa masing masing.

"Seperti slogan BID ini: Datang, Komit, Tiru, dan Maju. Itulah harapan kita bersama," sebutnya dihadapan 200 an warga dari lima kecamatan dan 63 Kepala Desa dengan berapi api.

Pantauan, usai penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan pemutaran Video Inovatif dan peninjauan Bursa selanjutnya pengisian kartu komitmen oleh para kepala desa yang diakhiri dengan laporan hasil bursa oleh Ketua BID Cluster 3, Maju Butarbutar. (Andy R Sihombing) 

Editor : Redaktur 
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar


Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini