|

LSM Lepidak-Sultra, Kawal Kasus Penyalahgunaan ADD, Ada Dugaan Korupsi Yang Dilakukan Kepala Desa Waode Kalowo

islustrasi 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Buton utara-Sultra | Lembaga Lepidak sultra, akan mengawal terus kasus dugaan  penyalagunaan anggaran alokasi dana desa, kami masih menindaklanjuti kasus ini ungkap mawan.

Karena kasus dugaan penyalahgunaan anggaran alokasi Dana desa (ADD), yang diduga dilakukan oleh kepala desa waode kalowo kecamatan bonegunu kabupaten buton utara provinsi sulawesi tenggara,
saudara IPEDI, yang menjabat selaku kepala desa waode kalowo pada tahun  anggaran 2018.

LSM Lepidak sultra mendesak kepala desa waode kalowo dalam hal ini pembangunan yang melalui anggaran desa itu kami duga, belum terealisasi ungkap mawan selaku ketua umum Lepidak sultra. Saat lepidak sultra menghubungi  wartawan  obor keadilan melalui wastapp, nya pada 6/6/2019.

Dalam hal ini ada dugaan kegiatan yang belum trasparan, maka Lembaga Lepidak sultra menyoroti berbagai kegiatan yang dilakukan kepala desa waode kalowo yaitu:

- Dana bumdes tahun 2018 senilai 62 jta blum masuk di rek Bumdes,
- HOK (harian orang Kerja) dan TPK (Tim pengelola Kegiatan) tdk dibayar honor mereka,
- Pengadaan 10 rumah tdk layak huni tdk selesai 100 %,
- Pengadaan baju seragam PKK dan baju pegawai ada dugaan tidak teralisasi
- Rehap kantor pembangunan desa tdk  selesai 100%,
- Ada dugaan Pengadaan kursi tamu dan meja rapat tdk terealisasi, ungkap mawan selaku ketua LSM Lepidak sultra.

Maka lepidak sultra menekan penegakan hukum utamanya kepala kejaksaan negeri Muna dan kepala Tipikor polda sultra untuk mengusut tuntas dugaan kasus ini, yang melibatkan oknum kepala desa waode kalowo.

Ini suatu bagian dari pelanggaran hukum, karena ada dugaan tindak pidana korupsi yang dimana sudah menjadi tugas kita bersama ungkap mawan.

Lagi-lagi kami mendesak pihak aparat penegakan supremasi hukum utamanya kejaksaaan tinggi provinsi Sulawesi tenggara, tipikor polda provinsi Sulawesi tenggara, agar menulusuri atau memanggil oknum-oknum yang terkait.

Untuk melakukan investigasi serta peyelidikan terhadap kepala desa waode kalowo Saudara IPEDI, guna tercapainya pemerintahan yang bebas,  bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, ( KKN)

Kasus korupsi harus kita berantas mulai dari bawah sampai keatas, maksudnya berantas berawal dari desa ungkap mawan.

Dalam hal ini inspektorat kabupaten buton utara untuk secepatnya melakukan pemeriksaan terhadap oknum kepala desa waode kalowo, kami juga dalam Waktu dekat ini kami dari Lembaga pemerhati infrastruktur daerah dan anti korupsi Sulawesi tenggara (Lepidak-Sultra) akan melakukan pelaporan secara resmi di aparat penegakan hukum.

Agar kasus ini terang benderang, dan tidak ada pilih kasih, ini adalah bagian kewajiban dari penegakan hukum yang kita percayai ungkap mawan dengan nada tegas.

Mengingat  penegakan keadilan untuk benar benar kasus ini jangan ada yang melakukan intervensi tegas mawan.

Kami juga akan melakukan aksi unjuk Rasa (unras) agar kami kawal kasus ini.
( Usman )

Editor Berita : Yuni shara
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN 
Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini