|

Menkumham Resmikan Rumah Ibadah Cetiya Dharma Agung Di Lapas Tebing Tinggi

Menteri Hukum dan HAM meresmikan Pemakaian Rumah Ibadah Budha, Cetiya Dharma Agung dikompleks Lembaga Pemasyarakatan Kelas II dijalan Pusara Pejuang Kelurahan Rambung Tebingtinggi, Senin (15/4/2019).

Oborkeadilan.com | Jakarta | Diawali penyambutan Tarian dan Barongsai dari Sejatera, Doa dipanjatkan dari salah seorang staf di Lapas itu dan dilanjutkan dengan lagu pujian.

Mawardi dari Pengurus Budha Suci selaku Panitia mengatakan berdirinya Rumah Ibadah Budha ini berawal dari kunjungan mereka 4 bulan lalu saat menyerahkan bantuan matras bagi warga binaan.

Selanjutnya, Kalapas Tebingtinggi, Theo Adrianus Purba SH menyambut baik kehadiran kami dan mengajak keliling Lapas dan menunjukkan sebuah sel untuk ruangan ibadah Budha bagi warga binaan.
“Atas kemurahan Tuhan, Kalapas menunjukkan lokasi tanah sempit bisa dimanfaatkan sebagai ruangan bangunan ibadah. Gayung bersambut, Pengurus Budha Suci mengumpulkan tokoh tokoh Agama Budha dan disetujui Pembangunan Cetiya Dharma Agung.

Dan, 3 bulan lalu dilakukan peletakan batu pertama dan hari ini diresmikan kegunaannya. Mawardi juga berharap agar warga binaan memanfaatkan lokasi ruangan ini untuk menambah ilmu agar kelak nantinya bisa berguna dimasyarakat.

Sementara itu, Menkumham RI, Yasonna Laoly menyambut baik atas kepedulian Umat Budha yang dimotori Pengurus Budha Suci dalam pembangunan Cetiya. Ini membuktikan bahwa warga binaan masih diperhatikan kita bersama.

Bahkan, Yasonna juga mengakui dengan keterbatasan Anggaran di Departemennya, Umat Budha ambil bagian dalam pembinaan Umat dilingkungan Lapas.Hal ini juga dilakukan oleh Pemko Tebingtinggi. Bila perlu ” kue” APBD bisa disisihkan untuk kepentingan warga binaan seperti daerah lain yang sudah duluan melakukannya. Ucap Yasonna.

Kamlan mewakili Walikota Tebingtinggi menyampaikan bahwa Pemko Tebingtinggi mengapresiasi kepedulian Umat Budha untuk membangun Cetiya. Pemko Tebingtinggi juga sudah pernah membantu Lapas dengan memberikan mobil Ambulance. Sebut Kamlan.

Tampak hadir dalam peresmian itu Delpin Barus ST, Jon Ping, Lestarius Hia, Pengurus Budha Suci, sejumlah Kalapas. Ada juga Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari Novel SH, Pabung 0204 Mayor Sinaga, Komandan CPM dan sejumlah biksu dan Anggota DPRD Hendy Rivai.(*)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Komentar

Berita Terkini