HEADLINE

Proyek Siluman SDLB Purworejo 2, Memantik Pegiat Sosial Pertanyakan Peran Disdik Provinsi Jawa Timur

/

Redaksi / Selasa, 18 September 2018 / 16:37 WIB

Sebarkan:
Foto : Lokasi Rehabilitasi Gedung SDLB PURWOREJO 2 Kota Pasuruan

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | PASURUAN | [ 18-09-2018 ] Dalam melaksanakan amanah undang-undang dasar Tahun 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara serta undang-undang nomor 20 tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan nasional juga bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab .

Namun cita-cita mulia pendiri bangsa ini yang ditunjang gelontoran dana Trilyunan rupiah untuk menunjang tercapainya mutu pendidikan yang bermutu dan bermartabat serta berkeadilan sosial tidak sesuai dengan fakta lapang. Salah satunya dana rehab bangunan ruang kelas di SDLB Purworejo 2  kecamatan Purworejo kota Pasuruan Jawa timur yang bernilai ratusan juta rupiah di sinyalir sarat dengan KKN, kolusi korup dan nepotisme. Hal ini disampaikan oleh Saipul Rizal salah satu ketua pegiat sosial kota Pasuruan.
" SDLB ini merupakan pendidikan husus bagi anak-anak berkebutuhan khusus, sudah seharusnya pemerintah memperlakukan khusus pula. Namun sayang Proyek di SDLB ini tidak sesuai dengan harapan, salah satunya tidak adanya papan nama selama proyek berlangsung sehingga fungsi kontrol masyarakat seakan ditutup." Saiful juga menambahkan ketidak transparan dalam pelaksanaan anggaran menjadi indikasi mudahnya penyelewengan anggaran negara. Biar gak seperti proyek siluman pihak Dinas  Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai dinas yang menaungi perlu dipertanyakan tugasnya dalam melakukan fungsi kontrol penggunaan anggaran agar bisa mencegah terjadinya penyelewengan anggaran.Tegas Saiful, tak lepas dari rumor issue tak sedap , beberapa waktu lalu SDLB Purworejo 2 ini juga disorot media terkait keluhan beberapa wali murid dan guru tentang SK pengangkatan PTT, Pegawai tidak tetap asal Surabaya yang disinyalir karena ada kedekatan dengan sang kepala sekolah serta menggeser tenaga kebersihan sekolahan sebelumnya meski warga setempat dan sudah lama mengabdi di sekolahan tersebut.

Terkait kinerja SDLB ini, awak media ini mendatangi UPT. Pendidikan Propinsi Jawa Timur di kota Pasuruan, namun sayang sang kepala UPT. Tidak bisa dikonfirmasi karena sedang diluar kota. Sementara staff yang lain tidak mau memberi komentar " maaf mas, tidak bisa komentar. Sampean datang lagi saja lain waktu konfirmasi langsung pada pimpinan kami. Ujar salah satu staf perempuan di ruangan UPT. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sambil berlalu dari hadapan awak media ini. ( Zainal )

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI