HEADLINE

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Buka Seminar Nasional "Sertifikasi Halal Bagi UMKM"

/

Redaksi / Selasa, 28 Agustus 2018 / 15:38 WIB

Sebarkan:

Ket Gambar  : Halal and Thayyib Centre UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Seminar Nasional tema "Sertifikasi Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah" pada tanggal 28 agustus 2018.

Kegiatan berlangsung di Gedung Rektorat Ir.Sukarno lantai 5 yang dibuka oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | MALANG-JATIM | (28/08- 2018) Di Gdung Rektorat Ir.Soekarno Lantai 5 UIN Maulana Malik Ibrahim , Halal and Thayyib Centre UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Seminar Nasional tema "Sertifikasi Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah" pada tanggal 28 agustus 2018.
Kegiatan berlangsung di Gedung Rektorat Ir.Sukarno lantai 5 yang dibuka oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim dan menghadirkan _keynote speech_ Hj.Siti Aminah M.Pd selaku Kapus Registrasi dan Sertifikasi Halal .

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Bapak Dr. Mas Purnomo Hadi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Istri dari Kepala BPJPH Pusat (Prof.Ir.Sukoso) dan pemerhati wisata halal Malang Raya Satriya Nugraha,SP turut serta hadir seminar nasional tersebut.

Sebelum kegiatan Seminar Nasional Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Prof.Dr.Abdul Haris,M.Ag  melakukan penandatangan kerjasama dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Dr. Mas Hadi Purnomo Peserta seminar nasional tersebut terdiri dari 250 ukm yang berasal dari wilayah malang raya, madura dan sebagainya.
Menurut penjelasan Begum Fauziyah,S.Si.,M.Farm Ketua Halal and Thayyib Centre UIN Maulana Malik Ibrahim, seminar nasional ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur untuk melakukan pembinaan bagi UMKM.


Perlu,diketahui, Halal and Thayyib Centre adalah Unit bagian dari UIN Maulana Malik Ibrahim yang mensupport pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di dalam bidang Halal dan Thayyib.
Untuk saat ini, melaksanakan program antara lain pertama, melakukan pendampingan bagi UMKM  dalam proses pengurusan sertifikasi halal, kedua, melakukan pembinaan umkm mengenai bagaimana mengurus syarat-syarat memenuhi kaidah thayyib tersebut. Ketiga, membantu pengurusan P-IRT dan merek bagi umkm yg kerjasama dengan Dinas Perindustrian Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Selain itu, menyiapkan agen muda halal (youth halal agent) yang bisa membantu kami dalam melaksanakan edukasi dan sosialisasi khususnya yang terkait halal dan thayyib.
Sebagaimana kita ketahui, BPJPH Pusat sedang menggiatkan sosialisasi sebagai bentuk persiapan bagi seluruh produk se-Indonesia untuk tersertifikasi halal sampai batas tanggal 17 Oktober 2019 (SN).[ rilis]

       [MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN  ]


Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan 


Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI