HEADLINE

OJK GELAR EDUKASI KEUANGAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

/

Redaksi / Jumat, 16 Maret 2018 / 11:52 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar : Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kuliah umum edukasi keuangan bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Media Nasional Obor Keadilan | Tangerang | Ruang Teater 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan 15 Maret 2018: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kuliah umum edukasi keuangan bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan dihadiri oleh 175 mahasiswa dari berbagai jurusan di fakultas ekonomi dan bisnis. Kegiatan edukasi tersebut dilaksanakan dalam rangka partisipasi Indonesia dalam Global Money Week (GMW) yang diselenggarakan di 137 negara serentak pada tanggal 12 – 18 Maret 2018. GMW merupakan kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak dan remaja yang diinisiasi oleh Children and Youth Finance Institution (CYFI) sejak tahun 2012.

Pelaksanaan kegiatan edukasi keuangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep literasi dan inklusi keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, pengelolaan keuangan, serta meningkatkan awareness mahasiswa terhadap modus investasi ilegal yang marak terjadi di tengah masyarakat, serta mendorong peserta untuk menyampaikan kembali pentingnya pengelolaan keuangan bagi komunitas di sekitarnya (multiplier effect).


Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III bidang Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Desmadi Saharudin, Lc. MA. Dalam sambutannya, Desmadi menyampaikan terima kasih kepada OJK atas upayanya berbagi ilmu dan meningkatkan literasi masyarakat khususnya bagi mahasiswa FEB UIN Syarif Hidayatullah, beliau mengharapkan agar mahasiswa yang sudah mendapatkan pengetahuan tentang literasi keuangan dapat mengelola keuangan dengan baik dan terhindar dari perilaku konsumtif, cakap dalam memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan serta dapat menjadi Agent of Change di komunitas sekitarnya.


Hadir sebagai pembicara, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, Horas V.M Tarihoran. Dalam kuliah umumnya, beliau menyampaikan bahwa materi literasi keuangan diharapkan menjadi Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang diajarkan kepada seluruh mahasiswa tingkat pertama sebagai salah satu essential life skill ketika menghadapi dunia kerja maupun memiliki usaha mandiri.
Selanjutnya, beliau menyampaikan dalam rangka meningkatkan literasi keuangan bagi pelajar dan mahasiswa, OJK telah menyusun berbagai buku formal literasi keuangan. Salah satunya adalah Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi. Buku tersebut terdiri dari 9 buku yang berisikan pengetahuan mengenai OJK dan pengawasan mikroprudensial serta berbagai industri jasa keuangan yang berada di bawah pengawasan OJK mulai dari perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga pembiayaan, dana pensiun, lembaga jasa keuangan lainnya, serta industri jasa keuangan syariah.

Seri buku tersebut juga dilengkapi dengan buku Perencanaan Keuangan.
Seluruh materi literasi keuangan yang OJK susun dapat diunduh secara bebas dan gratis di minisite sikapiuangmu.ojk.go.id [ yni-Team ]

Penanggung Jawab : obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI