|

GEMPABUMI TEKTONIK DIRASAKAN DI PADANG SIDEMPUAN

Foto : Padangsidimpuan (Istimewa)

P.Sidimpuan | Sumatera Utara | Media Nasional Obor Keadilan | Hari Rabu, 29 November 2017, pukul 21:23:01 WIB, wilayah Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3.1 dengan posisi episenter pada koordinat 1.42 LU dan 99.26 BT, tepatnya di darat pada jarak 5 km arah Barat Laut PADANG SIDEMPUAN-SUMUT pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan dari data hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Padang Sidempuan dengan intensitas gempabumi  I SIG BMKG ( II-III MMI ).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada Zona Sesar, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

" Kepada masyarakat disekitar wilayah Padang Sidempuan dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutur BMKG dalam keterangan tertulisnya.

Penulis : Sabar M Sitompul
Editor : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini