|

Menyongsong Hari Kebangkitan Nasional, Roostien Ilyas: Ini Adalah Komitmen

Jakarta- Media Nasional Obor Keadilan, Jumat (19/5-2023), Kebangkitan Nasional adalah tekad, kualitas imajinasi kekuatan emosi dan kesegaran musim semi kehidupan. Adalah tekad untuk bangkit dengan kaum yang progresif. Bukan masalah usia..tapi situasi mental kejiwaan (state of mind).
Kebangkitan Nasional Adalah Komitmen

Secara sungguh- sungguh untuk bangkit dan memperjuangkan gagasan demi kebaikan dan kebangkitan hidup berkebangsaan. 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, itu adalah kebesaran jiwa yang mengatasi kekerdilan kepentingan sempit demi kebaikan hidup bersama.

Kebangkitan Nasional adalah Keluasan

Horizon imajinasi kebangsaan yang mengatasi kesempitan primordialisme agama suku dan kedaerahan. Setelah semangat Kebangkitan Nasional malah terasa mundur dengan tampilnya orang-orang muda di berbagai bidang kehidupan tapi malah tidak memperkuat semangat kebangkitan kaum muda, sayangnya kebanyakan kaum muda tidak sanggup ambil jarak dari kaum tua yang mewariskan tradisi korupsi dan keterbelakangan.

"Kebanyakan juga, tidak menunjukkan kemauan untuk memuliakan Bangsanya, melalui pengetahuan dan gagasan kemajuan."

Banyak figur-figur politik usia muda rebutan meraih puncak kekuasaan tanpa etos jiwa juang yang etis. Bahkan miskin imajinasi, cenderung ambil jalan pintas dan tidak menunjukkan vitalitas daya muda yang progresif.

Komitmen kebangsaan juga meredup, dimanapun kita lihat, malah tidak ada tanda-tanda keseriusan untuk secara sengaja memikirkan, menata dan mengembangkan potensi yang kita miliki. 

"Dunia politik jadi ajang arena pertarungan kekuasaan ketimbang sebagai ajang merumuskan kebijakan dan pelayanan publik."

Peringatan hari Kebangkitan Nasional harus mampu "menggali apinya, bukan membawa pulang abunya". Kobarkan semangat progresif mental muda dengan kobaran Kebangkitan Nasional, komitmen keluasan jiwa yang secara sungguh-sungguh membangun Bangsa.

Semangat Hari Kebangkitan Nasional adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengesampingkan kepentingan diri sendiri.

Semangat Kebangkitan Nadional adalah semangat persatuan tanpa mengecualikan siapapun. Kikislah semua kuman kelunturan dan generasi, dengan menghidupkan kembali semangat Kebangkitan Nasional.

Penulis: Roostien Ilyas | Aktivis Perlindungan Anak Indonesia.
Komentar

Berita Terkini