|

Kades Hite Tano Habinsaran Dukung Inspektorat Untuk Audit Dana Desanya

Ket foto: Kepala Desa Hite Tano kec habinsaran | Hotdiman Nababan. 
Media Nasional Obor Keadilan | Balige |Sabtu, (25/09/21)-Menjadi kepala desa (Kades) sejak tahun 2013, Hotdiman Nababan, Kepala Desa Hite Tano kecamatan Habinsaran kabupaten Toba, mengaku tidak pernah tahu pengelolaan dana desa (DD) di desanya. Hal ini dikatakan oleh Nababan kepada Oborkeadilan pagi ini (25/9) di Balige.

"Saya kepala desa sejak tahun 2013, kalau mengenai dana desa kemana saja digunakan, itu saya tidak tahu. Tanya saja ke PK dan TPK, merekalah yang lebih tahu penggunaan dana itu kemana saja digunakan, mereka lebih profesional soal itu "ujar kades menjawab oborkeadilan melalui telepon selulernya di nomor 08529744XXXX.

Mendapat jawaban sang kades, oborkeadilan menyampaikan kepadanya bahwa kepala desa adalah Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) dalam hal ini pengelolaan Dana Desa di Hite Tano.
"Ya, itu benar dan saya tahu itu, tetapi kalau ditanya kemana saja Dana desa itu digunakan, saya tidak tahu, PK dan TPK lah yang lebih tahu sebab merekalah pelaksananya" ujar kades mengulangi pernyataan sebelumnya.

Menerima jawaban dari kepala desa Hite Tano ini, oborkeadilan yang menjadi penasaran, akhirnya mengusulkan adanya pemeriksaan pengelolaan dan penggunaan Dana desa di desanya. Usulan ini pun didukung dan disetujui oleh sang kades.

"Saya sangat setuju kalau inspektorat Toba memeriksa dan mengaudit desa saya. Kalau inspektorat benar-benar turun ke desa saya, saya akan membantunya supaya ketahuan dana desa itu kemana saja selama ini" ,ujar kades Nababan seraya menutup percakapan di telepon. (Vendi/Seblon)

Editor: Redaktur
Penanggung jawab berita: Obor Panjaitan

Komentar

Berita Terkini