|

Roostin Ilyas: Anak Didik Dilatih Berpikir Kreatif Imajinasi Liar Kaitan Pidato Nadien Makarim

Foto: Bunda Roostin Ilyas dan Nadiem Makarim Mendikbud, Pesan Roostien Ilyas Untuk Anak Didik, Berpikir Kreatif Imajinasi Liar Kaitan Pidato Nadien Makarim. 

Jakarta Timur | Media Nasional Obor Keadilan| Kamis (28/11), Mendengar pidato mendikbud Bapak Nadien Makarim saya langsung berharap banyak semoga para guru mampu membuat perubahan dari perspektif cara mengajar yang mampu membuat anak didik kreatif dan kritis.

"Hal ini karena berdasarkan pengalaman pribadi, saya sering diwawancarai wartawan dengan pertanyaannya yang lucu dan sangat normatif, malah kadang aku bantu mereka untuk menanyakan sesuatu yang menggelitik" .Dari sudut pandang yang tidak umum dan spesifik,  semoga kedepan akan lebih banyak wartawan yang punya sense of investigasi yang spesifik.

"Orang sering mengatakan belajar dari masa lalu itu memang pasti".

"Karena bagaimanapun masa lalu adalah yang sudah kita lewati dan masa lalu tidak ubahnya seperti kaca spion".

Kita selalu mengingat dan melihat untuk tidak salah melangkah ke depan, tapi yang juga penting lagi adalah belajar dari masa depan (learning from the future), Artinya kita belajar menganalisa. Kalau sekarang aku bersikap begini, maka ke depan akibatnya akan seperti ini. Sehingga kita akan belajar membaca situasi belajar membaca retorika belajar membaca tanda-tanda zaman.

Dari anak-anak kita, belajar dari anak cucu kita karena mereka adalah pemimpin masa depan, jadi, jangan cuma bicara kepada anak, tapi bicaralah dengan anak, maka kita akan banyak tahu tentang pemikiran-pemikiran masa depan mereka dan kita akan surprise sebab pemikiran mereka tidak lagi lama dengan pemikiran kita.

Sudah siapkah kita berpikir bersikap dan menerima pemikiran masa depan ? yuk kita rangsang pemikiran anak kita untuk cerdas bertanya berdebat dengan baik mampu berpikir kreatif dengan imajinasi yang liar, sehingga mampu berpikir one step ahead dan bukan cuma pintar menjawab tetapi mampu memilih dan memilah akan melangkah dan mampu menentukan masa depannya. (*)

Penulis : Roostien Ilyas. Aktivis Kemanusiaan pergerakan terhadap Perlindungan Anak Dan keluarga Indonesia, Relawan Kemanusiaan, Pegiat anti Intoleran .

Editor: Redaktur 
Penanggung Jawab Berita: Obor Panjaitan 

■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN 

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini