|

Emmada,,,,Kapal Ferry Ro-ro 300 GT Hinggap Lagi di Parparean Danau Toba

Gambar: Kapal Ferry Ro Ro 300 GT di Danau Toba parparean  Porsea, Sabtu (9/11/2019).

OBORKEADILAN.COM| Porsea| Drs Budi Setiadi, SH, MSi, Dirjen Perhubungan Darat RI secara resmi melaksanakan peluncuran Kapal Ferry Ro Ro 300 GT dan Peletakan Lunas Kapal Ferry Ro Ro 200 GT di Pantai Pasir Putih, Desa Parparean 2, Kecamatan Porsea pada Sabtu (9/11/2019).

Dalam sambutanhya, Budi menerangkan bahwa Kapasitas kapal Ferri Ro-Ro 300 GT itu yakni 180 orang penumpang dengan 12 kendaraan Truk @ 10 ton serta puluhan unit mobil jenis sedan.

Disampaikannya juga bahwa dalam rangka Peluncuran kapal Ferry Ro Ro 300 GT dan sekaligus peletakan Lunas Kapal Ferry Ro Ro 200 GT di muara sungai Asahan di Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir pada Sabtu (9/11/2019).

Pembuatan Kapal Ferry Penyeberangan Ro Ro 300 GT itu sendiri, terangnya, dilaksanakan oleh PT. Dok Bahari Nusantara (DBN) yang telah mendapat kepercayaan penuh dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI.

"Di tahun depan, tahun 2020 kita juga sedang menrencanakan membangun lagi dua kapal dengan dua lambung, artinya kapal itu selain bisa digunakan untuk penyeberangan juga bisa digunakan untuk berwisata,"

"Saat ini, sebenarnya pekerjaan kapal ini masih tahap fininshing, masih sekitar 80 persen selesai. Dan atas permintaan Pak Luhut, design interiornya harus dirubah, jadi masih butuh beberapa waktu lagi. Semoga bulan Desember tahun ini sudah dapat digunakan," sebut Budi.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berjanji, bahwa atas permintaan Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir maka tahun depan Dermaga akan dibangun di pelabuhan Balige.

'Semua hal ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat sebagai bukti keseriusannya untuk mendedikasikan dan mengangkat wisata DanauToba menjadi wisata kelas dunia. Saya harap, pemerintah setempat juga ikut meningkatkan kapasitas masyarakatnya untuk mendukung wisata itu sendiri,"

"Saya merasakan bahwa wisata Danau Toba begitu menakjubkan yang sangat layak dibangun dan dipromosikan. Kiranya apa yang kami lakukan ini dapat memberi manfaat bagi ekonomi masyarakat serta peningkatan SDM dan Ekosistem kawasan wisata," ujarnya mengakhiri.

Tampak hadir Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK, serta Kapolres Taput, dan Kapolres Simalungun,  Kajari Tobasa DR Robinson Sitorus SH, MH, para Kepala Daerah dan Kapolres kabupaten tetangga serta para Tokoh Masyarakat dan ratusan undangan lainnya.

Pantauan, dalam kegiatan peluncuran Kapal Ferry Ro Ro 300 GT tersebut, tampak sebanyak empat alat berat berupa Escavator dikerahkan mendorong kapal tersebut dari bibir pantai ke badan sungai. Kegiatan peluncuran tampak berjalan dengan sukses tanpa ada kendala.
( Andy R Sihombing )

Editor : Redaktur 
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan 
Komentar

Berita Terkini