|

Pulau Sumatera yang Sedang Sakit 'Batuk'

Foto: Muhammad Ichsan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, Kajian Asia Tenggara

OKE| Jakarta - Pulau terbesar ke 6 didunia saat ini diberitakan dalam kondisi sakit dan sangat parah. Katanya terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau ini sekitar 57.940.351. Pulau yang dikenal pula dengan nama lain yaitu: Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa.

Setelah join venture dengan Indonesia paska hengkangnya Kolonial Belanda dan menjadi 10 Bagian Wilayah (Provinsi), Pulau Sumatera saat ini terbilang sakit dan menggenaskan. Dimulai dari Provinsi Aceh, dengan Menyedot hasil GAS Alam PT Arun oleh Exxon Mobile sejak 1967 hingga sekarang muncul Wacana PT EMM dan PT  Linge Mineral Resource.

Selanjutnya Provinsi Sumatera Utara hingga Perbatasan Jambi - Sumsel,  Perusahaan Sawit dan Pembalakan Hutan saat ini sangat mengkhawatirkan bahkan kebakaran hutan dengan unsur kesengajaan telah menyebabkan penderitaan warga masyarakat sepanjang garis pantai timur Sumatera serta negeri jiran (Malaysia, Singapura).

Dilanjuti Kepulauan Riau, Bangka Belitung dengan Urusan pencemaran Batubara, Timah hingga galian-galian raksasa, Provinsi Sumatera Barat hingga Bengkulu, Lampung dengan kasus serupa yang tidak jauh berbeda.

15 September 2019, Kebakaran Hutan hampir merata dipulau berjuluk Andalas tersebut, ancaman  ISPA (Gangguan Pernafasan) serta Pelaku Tambang yang terus menciptakan Kehancuran menjadi polemik yang tak berkesudahan

Pulau Perdagangan Jalur Sutra Malaka akan berubah menjadi Pulau Berkabut yang sedang sakit 'Batuk' mengeluarkan ASAP KEMERDEKAAN DAN MERONTA. (mi)

Oleh

Muhammad Ichsan

Mahasiswa Pascasarjana
Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, Kajian Asia Tenggara.

■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN
Komentar

Berita Terkini