HEADLINE

Bangun Mentalitas Remaja Pancasilais, Danramil 03/GP Berikan Penyuluhan Wasbang di SMK Bhara Trikora Jelambar

/

Redaksi / Kamis, 14 Februari 2019 / 11:06 WIB

Sebarkan:

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | JAKARTA BARAT | Pendidikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan tema "Bersatu dalam perbedaan dan meningkatkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia" ini digelar di SMK Bhara Trikora yang berlokasi di Jalan Hadiah Utama 1 Kavling Polri Blok F, RT.5/RW.2, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Rabu Pagi (13/02/2019) tadi.

Kegiatan pendidikan dan sosialisasi Wasbang dibuka oleh Danramil 03/GP Kapten Inf Jefriansen Sipayung, SE yang dihadiri 100 siswa/siswi SMK Bhara Trikora ini adalah salah satu bentuk kegiatan Sosialisasi kepada Peserta didik tingkat Menegah Atas. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan secara khidmat dan serentak oleh para Siswa/Siswi SMK Bhara Tilrikora.

Selanjutnya Danramil 03/GP Kapten Inf. Jefriansen Sipayung, SE membuka acara kegiatan tersebut dengan memutarkan film dokumenter kenakalan remaja melalui layar lebar.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan dan semangat bela negara bagi para pelajar tingkat SMK/SLTA sederajat sehingga mereka semakin sadar bahwa tindakan anarkis, tawuran, kenakalan remaja dari berbagai kasus saat ini terjadi dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain,” jelas Danramil 03/GP.

“Penyebab dari kenakalan Remaja saat ini banyak faktor yang mempengaruhi antara lain: terbiasa dimanja, keluarga tidak harmonis, kurangnya kasih sayang, pemicu remaja bertindak tidak baik di lingkungannya, pendidikan yang terlalu keras, komunikasi yang buruk, lingkungan pergaulan, kaktor religius, membekali dengan pendidikan agama, lingkungan tempat tinggal, faktor ekonomi serta faktor teknologi informasi,” papar Danramil 03/GP yang akrab disapa dengan Bang Jecko.

Faktor penyebab di atas berdampak munculnya geng motor di kalangan remaja. Diharapkan para siswa tidak ikut-ikutan karena hal tersebut sarat dengan nilai-nilai keburukan karena ingin menonjolkan jati diri menjadi jagoan, mencegah perilaku negatif seperti menggunakan narkoba, kenakalan remaja, dan prostitusi.

“Dengan Wawasan Kebangsaan ini Kami mengajak kepada para Pelajar agar dapat menanamkan sikap nasionalisme melalui penjabaran nilai kebangsaan. Sehingga para siswa dapat mampu mengaktualisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupannya  sehari-hari”, tambahnya lagi.

Mencari aktifitas yang positif, untuk menambah kemampuan dan ketrampilan masing masing, sehingga melahirkan generasi millenial yang terbaik.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Bhara Trikora Drs. Imam Mahdi meyampaikan, “kami dari pihak sekolah sangat berterimakasih atas kehadiran Bapak Danramil 03/GP yang telah memberikan wejangan dalam bentuk sosialisasi wawasan kebangsaan serta pengamalan nilai-nilai Pancasila dan pencegahan kenakalan remaja yang sangat baik bagi para siwsa/siswi didik kami. (JOE)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI