|

PEMERINTAH KABUPATEN PALUTA GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN

Foto : Situasi Upacara di Depan Kantor Bupati Padang Lawas Utar Dalam Memperingati Hari Pahlawan 2017.

PALUTA-SUMUT I Media Nasional Obor Keadilan I Jumat ( 10 / 11 / 2017 ). Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Drs Bachrum Harahap diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap SH pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia (RI) di Lapangan kantor Bupati Paluta, Jumat (10/11).

Dalam upacara yang mengangkat tema "Perkokoh kesatuan membangun negeri" Sekdakab Paluta Burhan harahap SH bertindak sebagai inspektur upacara (irup), komandan upacara Danramil 05 Padang Bolak Lettu (CZI) Pahlawan Nasution dan perwira upacara Danramil Dolok Kapten (INF) Jungkarnain Siregar di hadiri dan diikuti oleh Legiun Pejuang Veteran 45', Legiun Veteran 65', Pensiunan TNI, Kajari Paluta, KaLapas Gunung tua, Kemenag Paluta, Dankipan C Gunung Tua, Anggota DPRD Paluta, perwakilan Polres Tapsel, perwakilan dari Kodim 0212 TS, Kapolsek Padang Bolak, Persit KCK Paluta, Bhayangkari Paluta, TP PKK Paluta, Dharma Wanita, Adhyaksa Darma Karini Paluta, pimpinan SKPD se-Paluta, OKP/Ormas, pelajar serta undangan lainnya.

Upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017 ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Paskibra dari SMA N 1 Padang Bolak dan pembacaan puisi yang menggambarkan menggelorakan semangat para pahlawan dalam pergolakan  melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan RI.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH saat membacakan teks Pidato Nasional memperingati Hari Pahlawan Nasional Menteri sosial RI Khofifah Indar Parawansah mengatakan bahwa seperti amanat Bung Karno, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," tuturnya.

Lanjutnya, saat ini adalah saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka,maju, berdaulat dan terbuka.

Foto : Sekda Kabupaten Paluta Burhan Harahap SH Foto Bersama Dengan Para Veteran Dan Undangan Lainnya Usai Upacara. 

Usai pelaksanaan upacara Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH di dampingi Kadis Sosial Paluta Hasbullah Harahap Ssos serta di ikuti Danramil 05 Padang bolak Lettu (CZI) Pahlawan Nasution, Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap, pimpinan OPD/SKPD Paluta dan undangan lainnya.

Foto : Sekdakab Paluta Berikan Bantuan Tali Kasih Kepada Para Veteran Dan Janda Veteran.

Sekdakab Paluta mengatakan jika tali asih ini diberikan merupakan bagian dari agenda setiap memperingati Hari Pahlawan Nasional dan HUT Kemerdekaan RI. "Bantuan ini diberikan kepada 37 orang Veteran dan Janda Veteran yang ada di wilayah Kabupaten Palutasebagai bentuk wujud kepedulian kepada para veteran dan janda janda veteran pejuang serta penghormatan pada pendiri dan pendahulu kita," katanya. (Maraudin Siregar).
Komentar

Berita Terkini