|

MATH-FAIR UNIMED GEMPARKAN SUMUT

Ket. Gambar : Kepanitiaan Matematika Fair 2017
MEDAN | MEDIA NASIONAL OBORKEADILAN | ( Jum'at,  27 / 10 / 2017 )

Matematika Fair (Math Fair) 2017 adalah salah satu proyek kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika UNIMED khususnya bidang Pendidikan Riset dan Teknologi periode Tahun 2017-2018. Di tahun ketiga keberadaan Matematika Fair, kepanitiaan membuat nuansa baru dan lebih segar hal ini dibuktikan lewat serangkaian kegiatan yang kreatif dan inovatif.
Matematika Fair 2017 merupakan ajang perlombaan yang bergengsi dan dinanti siswa-siswi SMP maupun SMA/Sederajat di Sumatera Utara. Menurut informasi yang didapatkan langsung reporter Media Naional Obor Keadilan, ada beberapa perlombaan yang diselenggarakan HMJ MM UNIMED diantaranya, Lomba Alat Peraga Tingkat Umum Nasional, Lomba Desain Poster Pendidikan Tingkat Umum Nasional, Lomba Doodle Art Tingkat Umum Se-Sumatera Utara dan Mathematics Competition VIII. Mathematics Competition VIII Tingkat SMA/Sederajat Se-Sumatera Utara merupakan Olimpiade Matematika Tingkat SMA/Sederajat yang sudah terlaksana untuk kedelapan kalinya dan Mathematics Competition VIII Tingkat SMP/Sederajat Se-Sumatera Utara merupakan Olimpiade Matematika Tingkat SMP/Sederajat yang diselenggarakan untuk pertama kalinya.
   Ket. Gambar : Peserta saat mendaftar ulang
Matematika Fair 2017 dihelat secara Akbar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan di Auditorium Universitas Negeri Medan pada Hari Jumat-Sabtu tanggal (20-21 Oktober 2017). Acara tersebut diawali dengan opening ceremony pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan persembahan tari-tarian oleh mahasiswi-mahasiswi terbaik Jurusan Matematika UNIMED serta upacara Nasional yang dihadiri oleh Kepala Jurusan Matematika, beberapa Dosen-dosen Jurusan Matematika serta dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (UNIMED). Matematika Fair 2017 juga mendapat dukungan dari beberapa pihak antara lain Humas Unimed, Radio Star FM, Radio Kiss FM, Radio Most FM, TVRI, Faber Castell, Cimory, Sosro, Migelas dan Gojek Indonesia.

Robiatul Adawiyah (Ketua Panitia) dalam laporan umumnya menyampaikan “Acara Matematika Fair ini adalah agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan, Alhamdulillah pada tahun ini peserta perlombaan untuk keseluruhannya diikuti oleh 1.231 orang peserta yang diantaranya Mathematics Competition VIII Tingkat SMP/Sederajat Se-Sumatera Utara sejumlah 431 peserta, Mathematics Competition VIII Tingkat SMA/Sederajat Se-Sumatera Utara sejumlah 454 peserta, Lomba Alat Peraga Tingkat Umum Nasional sejumlah 21 tim, Lomba Desain Poster Pendidikan Tingkat Umum Nasional sejumlah 43 peserta dan Lomba Doodle Art Se-Sumatera Utara sejumlah 240 peserta”, terang Robiatul.
Tambah Robiatul, “Selamat datang kepada calon pemenang”, tutur Ketua Panitia Matematika Fair 2017 yang merupakan Aktivis Muda HMI Cabang Medan.

Ket. Gambar : Ribuan Peserta tengah berlomba
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan, Abdul Aziz (Ketua Umum)  menyampaikan, “Acara Matematika Fair 2017 merupakan salah satu proyek kerja bidang Pendidikan, Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan yang diadakan setiap tahun dengan tujuan Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya mutu pendidikan Indonesia dan meningkatkan kualitas generasi bangsa dengan menciptakan sikap berkompetisi didalamnya”, terang Abdul Aziz dalam sambutannya.

Selanjutnya, Ketua Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan, Dr. Edy Surya, M.Si dalam sambutannya menuturkan bahwa “Ucapan terima kasih kepada seluruh Kepala Sekolah, guru pendamping serta segala pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara perlombaan di Matematika Fair 2017 ini”.

Dan selanjutnya acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan Drs. Muhammad Yusuf Nasution, M.Si dan  mengutarakan harapannya terhadap para peserta agar “selalu menjujung tinggi rasa kompetitif sesuai dengan tema acara yaitu Mathematics’ Generation is COSINUS (Competitive, Simple, Incredible and Useful)”.

Diluar sambutan,  saat diwawancarai ekslusif Zydny Rizki yang merupakan Steering Committee dan juga Bendahara Umum HMJ Matematika Periode 2016-2017 mengutarakan bahwa “Kepanitiaan Math Fair 2017 ini berhasil dan tergolong sukses, saya sudah keempat kalinya turut andil dalam perhelatan akbar ini, namun ditahun 2017 inilah yang paling banyak peserta dan sponsorship nya, bagi saya ini merupakan suatu prestasi yang bagus dan harus dipertahankan”, terangnya.
Selanjutnya Zydny menambahkan harapannya “Keberhasilan ini jangan membuat kepengurusan hari ini berbangga diri, tetaplah rendah hati dan optimis untuk agenda-agenda HMJ kedepannya, jangan sampai HMJ terwarnai oleh gemerlapnya pujian dan apresiasi, segeralah bergegas dan beraksi untuk agenda-agenda yang lebih spektakuler lagi, tetap semangat yakin usaha sampai”, tegas Zydny yang merupakan Instruktur HMI Cabang Medan.

Akhirnya, dengan bangga Panitia acara Matematika Fair 2017 mengumumkan para pemenang setiap lomba pada hari Sabtu (21 Oktober 2017) dengan daftar pemenang :
JENIS LOMBA
NAMA PEMENANG
INSTANSI

MATHEMATICS COMPETITION VIII TINGKAT SMP/SEDERAJAT SE-SUMATERA UTARA
Andrew Nycholas Ormand
(SMP SUTOMO 1 MEDAN)
Vanneshia Swiegl Lee
(SMP SUTOMO 1 MEDAN)
Rusviandy Wisesa
(SMP NOBLE MEDAN)
Alvinsen Japutra
(SMP SUTOMO 1 MEDAN)
Marco Louis Rudyanto
(SMP SUTOMO 1 MEDAN)
Louis Ryan Tan
(SMP METHODIST - 6 MEDAN)

MATHEMATICS COMPETITION VIII TINGKAT SMA/SEDERAJAT SE-SUMATERA UTARA
CATHERINE CHARLES
(SMA SUTOMO I MEDAN)
SULAIMAN
(SMA DR. WAHIDIN SUDIRHUSODO)
VINCENT TANJAYA
(SMA SUTOMO I MEDAN)
JETT IVANUS
(SMAS SUTOMO I MEDAN)
SANDIKA RIANSA SAPUTRA
(MAS DARUL MURSYID)
DASCO GABRIEL
(SMA SUTOMO I MEDAN)

ALAT PERAGA NASIONAL
SEMPOA SUMPIT
(SMA RK BINTANG TIMUR RANTAU)

PAPAN TRANSFORMASI
(SMP PUTRI CAHAYA)

SPLDV
(SMA SHAFIYATUL AMALIYAH MEDAN)

POSTER NASIONAL
MUHAMMAD HAFIZ ARRASY
(SMKN 9 MEDAN)
HAMIDAH
(UMUM)
SITI KHADIJAH
(UNIMED)
KUMALA PUTRI AYATULLAH
(SMA YAPIM TARUNA)

DOODLE ART SE-SUMATERA UTARA
AGNES AGAVE BR SEMBIRING
(SMA NEGERI 1 KABANJAHE)
SYAFRIZAL
(UNIMED)
LARASATI
(UNIMED)
NONA LOURINA
(UNIMED)
 Ket. Gambar : Foto Para Pemenang lomba bersama WD III dan Ketua Jurusan MM Unimed.
Dan acara tersebut pun ditutup secara resmi oleh Drs. Muhammad Yusuf Nasution, M.Si.s (Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan).


Muhammad Najib / Red
Komentar

Berita Terkini