|

PPPT dan Para Tokoh Batak Mengulas Realisasi Percepatan Provinsi Tapanuli di Universitas Mpu Tantular

Jakarta | Media Nasional Obor Keadilan, Minggu (27/11-2022), Ikkon Jadi do Provinsi on (Provinsi Tapanuli harus jadi-red) begitu ungkapan Binton Nadapdap, Sos.MM selaku ketua panitia pelaksana acara yang juga ketua koordinator PPPT (Panita Percepatan Provinsi Tapanuli) untuk wilayah Jabodetabek saat membuka acara "diskusi dan untuk realisasi percepatan provinsi Tapanuli" yang digelar di Universitas Mpu Tantular Jakarta Timur pada hari Jumat 25/11-2022.

Seluruh peserta rapat yang hadir terlihat fokus, serius mengikuti jalannya acara, pantauan Media Nasional Obor Keadilan ekspektasi perantau se-Jabodetabek akan berdirinya sebuah provinsi di wilayah Tapanuli sangat tinggi.

Berkisar pukul 15.10 wib Pembicara Hadir Disambut panitia dan audiens yang ada di gedung Universitas Mpu Tantular lt 8 diiringi lagu khas daerah Tapanuli.

Kemudian Berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti kata sambutan ketua panitia acara tepat jam 15.20 wib.

Budi Sinambela selaku tuan rumah turut memberi Kata sambutan pukul 15.28 wib, Budi Sinambela merupakan

anak kandung dari Ternama Sinambela sebagai pendiri Universitas Mpu Tantular, Budi Sinambela saat ini menjabat sebagai dewan pembina (ketua) yayasan Budi Murni Jakarta. Bahkan menurut ketua umum PROTAP JS. Simatupang SH dalam Sambutannya bersaksi bahwa pemilik Universitas Mpu Tantular ini sangat konsen dalam memajukan SDM anak perantau Tapanuli termasuk mendukung pergerakan dalam realisasi berdirinya PROTAP.

Lebih lanjut JS. Simatupang SH.MH. CRGP Sebagai Ketua umum PPPT (Panitia Percepatan Provinsi Tapanuli) menyampaikan bahwa dalam memperjuangkan berdirinya provinsi Tapanuli ini semua kita harus bahu membahu kita hilangkan hal negatif dan saya siap dengan segala kerendahan hati merangkul semua elemen yang ada dan bahkan para pendahulu kita yang telah pernah mati matian memperjuangkan provinsi Tapanuli malah saya merasa Organisasi PPPT ini lanjutan dan melanjutkan dengan niat baik kiranya cita cita kita semua tercapai berdiri dan harapannya Presiden Republik Indonesia dan wakil Presiden segara mensahkan propinsi Tapanuli, disini juga saya sampaikan bahwa organisasi ini bersifat temporer maka mari kita satukan tekad dan doa kita buat perjuangan ini tandas Js Simatupang.

JS Simatupang

------------ SESI DISKUSI

Diawali dengan pembacaan riwayat hidup para pembicara, moderator (JS Simatupang SH. MH. CRGP) naik panggung kemudian meminta pembicara naik di tempat yang tersedia yakni;

1. Letjen TNI (PURN) CORNEL SIMBOLON MSc. Dalam pemaparannya menyampaikan,

~Diperlukan banyak narasi narasi positif yang muatannya seputar terbentuknya PROTAP boleh lewat tulisan tulisan, kajian academik dan sebagainya, ya kan ? bagaimana pemerintah menyetujui jika tidak melihat secara komprehensif maksud dan tujuannya serta tingkat urgensinya kan begitu ? Tanya Letjend Cornel Simbolon Msc kepada audiens yang ada disambut tepuk tangan gemuruh disertai tawa hadirin.

Cornel Simbolon juga berpesan, ~Jangan berebut ibu kota provinsi ya, kita harus sepakat itu tambah Cornel Simbolon, lagian ngapain ibu kota provinsi diributkan? kalau mau di Tele oke kita terima, bila di Ajibata Parapat pun ayo, kira kira kan begitu agar pemerintah lihat kekompakan dan soliditas masyarakat Tapanuli niscaya akan disahkan koq Tapanuli sebuah propinsi ungkap Cornel Simbolon.

~Perlu dilakukan rodshow untuk dukungan pemerintah pusat daerah termasuk DPRD terkait.

~Dukungan TNI, nah dalam hal ini kalau bicara tentara serahkan kepada saya ujar Cornel disambut tawa para audiens.

~ Yang takkalah penting hindari perasaan siapa dan apa trmasuk issu ras, kita harus mempedomani 3 Nilai utama (1).Pancasila (2).UUD 45 dan (3).NKRI.

Jadi kita sebagai orang Batak mari kurangi ego jangan bertengkar melulu tapi kita satukan semangat guna tercapainya tujuan kita berdirinya Provinsi Tapanuli tutup Letjen TNI (purn) Cornel Simbolon.

Letjen TNI (PURN) CORNEL SIMBOLON MSc

2. Parlindungan Purba, 15 tahun jadi  anggota DPD RI dalam penyampaian mengatakan bahwasanya sejak awal saya dan kawan-kawan di Senayan telah lama mendukung perjuangan Propinsi Tapanuli ini, ya kita tau saat ini ganjalannya moratorium yang dikeluarkan oleh SBY tapi itu semua bisa kita upayakan bersama agar produk kebijakan Presiden SBY itu segara dicabut pemerintah Jokowi tandas Parlindungan Purba.
Parlindungan Purba

3) Aries Merdeka Sirait | Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak dan aktivis Hak Asasi Manusia (Human Right Defender), memaparkan pemikirannya dari perspektif perlindungan anak, menurutnya sejumlah kekerasan terhadap anak masih sangat tinggi di kabupaten kota yang ada diseputar Tapanuli, maka sangat diperlukan untuk berdirinya sebuah provinsi Tapanuli demi percepatan perlindungan anak tutur Arist.

Arist Merdeka Sirait

4. Dr. Martin Sirait salah satu pemraksa berdirinya provinsi Tapanuli, Ia juga menuturkan perjalanan panjang dari para pejuang pembentukan Provinsi Tapanuli yang sudah pernah mengerucut sampai dibahas pada rapat paripurna DPR RI pada Tahun 2007.

Lebih jauh Dr Martin menjelaskan, “Kita sudah menempuh perjalanan panjang, dengan dokumen dokumen Pendukung yang dengan jerih payah kita kumpulkan dari Tahun 2001 hingga 2007, saya rasa sudah waktunya kita bersatu untuk memohon, meminta pak Presiden Jokowi untuk mencabut Moratorium Provinsi Taput, agar Provinsi Tapanuli segera dimekarkan,” terang Martin. 

Sejuta kawan kurang tapi 1 lawan terlalu banyak menjadi filosofi yang saya anut selama ini dalam pergerakan memperjuangkan berdirinya provinsi Tapanuli, saya berharap kita semua dan elemen yang ada memakai dan mengedepankan prinsip-prinsip seperti itu, hindari permusuhan mari bersama melangkah niscaya cita cita kita bisa tercapai berdiri Propinsi Tapanuli terang Martin Sirait.

Dr Martin Sirait

"Sekapur sirih Media Nasional Obor Keadilan" tujuan pembentukan, pemekaran, penghapusan dan penggabungan daerah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan, percepatan demokrasi, percepatan perekonomian daerah, percepatan pengelolaan potensi daerah, peningkatan keamanan dan ketertiban, serta peningkatan hubungan serasi.

Media Nasional Obor Keadilan turut serta ambil bagian berkontribusi tanpa pamrih berjuang untuk segara dicabutnya moratorium dan disahkannya Propinsi Tapanuli.

Penulis: Obor Panjaitan 

Komentar

Berita Terkini