|

Siarkan Hoax "Megawati Koma di RSPP, Pada kanal YouTubenya, Hersubeno Arief Dipolisikan PDI Perjuangan Depok

PDI Perjuangan kota Depok Lapor Polisi, Terkait Berita Hoaks Ketum Megawati
Ket gambar: (istimewa), Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Jabar, Sean Matthew dan Kawah, melaporkan adanya konten di YouTube yang diunggah oleh Hersubeno Arief.(Di Polres Depok/Oborkeadilan.com)
Depok-Media Nasional Obor Keadilan, Selasa (14/9-2021)
, DPC PDI Perjuangan Kota Depok secara resmi melaporkan Hersubeno Arief terkait beredarnya informasi berita bohong (hoaks) mengenai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke Polres Kota Depok, Senin (13/9).

Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Jabar, Sean Matthew dan Kawah, melaporkan adanya konten di YouTube yang diunggah oleh Hersubeno Arief.

Konten tersebut menyebutkan jika Megawati tengah sakit, bahkan koma di RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina), Jakarta.

“Kami berkeberatan dengan isi konten tersebut, karena memuat berita hoax. Yang kutipannya berbunyi "Megawati Koma di ICU RSPP, Valid 1000%’, di kanal YouTube tersebut," ujarnya, di Polres Depok, Senin (13/9/2021).

Pihaknya melihat pembuat konten melanggar tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 310 dan 311 KUHP, serta Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. “Kami tidak dapat membiarkan informasi tidak benar tersebut disampaikan ke khalayak umum. Karena itu kami membuat laporan melalui pengaduan masyarakat ke Polres Depok, untuk menindak tegas pembuat konten.” ujar Sean.

"Informasi atau berita yang tidak benar ini sungguh meresahkan, kami berharap Polri dapat bertindak tegas atas berita-berita hoaks seperti ini. Laporan ini kami percayakan dan serahkan sepenuhnya kepada Polri untuk bertindak. Saya harap kedepannya jangan seenaknya buat berita hoaks dan tidak bertanggung jawab", tegas Adi Febrianto Sudrajat, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok
"Pelajaran penting, sebagai warga negara yang baik, kita harus patuhi hukum agar hal-hal seperti ini tidak berulang di masa depan" pungkasnya.

Diketahui laporan serupa juga disampaikan serentak oleh kader-kader PDI Perjuangan se Jawa Barat, baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/ Kota, sebagaimana dikutip pernyataan Wakil Ketua Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana “Hari ini BBHAR PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat serentak melaporkan Hersubeno Arief terkait beredarnya informasi berita bohong (hoaks) mengenai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri". ( Wahyu )
Komentar

Berita Terkini