|

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang di Medan

Perusahaan yang memberikan pelayanan kepada publik di Indonesia sangat banyak dan tersebar dalam berbagai bidang. Yang membedakan tiap perusahaan ini adalah perusahaan yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Dengan pelayanan yang baik, maka pelanggan akan terdorong untuk terus menggunakan jasa tersebut sehingga terciptalah loyalitas antara pelanggan dengan perusahaan [ Simbiosis mutualisme].

Tolak ukur kualitas perusahaan adalah bagaimana ia dapat memasarkan, menjual produknya dalam bentuk barang ataupun jasa kepada pelanggan dengan pelayanan terbaik dan mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pelayanan ini termasuk service saat menawarkan produk/jasa, pelayanan ketika memberikan produk/jasa, pelayanan atas resiko yang terjadi saat kegiatan transaksi antara pelanggan dan perusahaan. 

Memberikan kepuasan kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan, keinginan serta harapan merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan dalam bidang pelayanan publik.

UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan (UPT PSMB Medan) merupakan salah satu dari sekian perusahaan unit yang memberikan jasa. UPT. PSMB Medan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara yang berfungsi menyediakan jasa kalibrasi alat - alat laboratorium sesuai dengan SK. Gubernur Sumatera Utara No. 060.256.K. Tahun 2006. Tugas UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan adalah melaksanakan Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Industri Kimia, Agro Hasil Hutan, Logam, Mesin Elektronika dan Aneka. 

Fungsi menurut SK Gubernur No. 15 Tahun 2011 yaitu penyelenggaraan dan penyempurnaan konsep Standar Pengujian Mutu Barang Industri, Penerbitan Sertifikasi Hasil Pengujian/Penilaian Mutu Barang Industri sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan, Melaksanakan pengawasan terhadap produk-produk industri baik yang wajib diawasi mutunya maupun yang tidak wajib diawasi mutunya maupun yang beredar di masyarakat sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan. 

Kegiatan operasional UPT. PSMB Medan berdasarkan SNI ISO/ IEC 17025:2017 guna memberikan jaminan konsistensi, kompetensi, teknis pengujian dan kalibrasi.

Namun, dalam melaksanakan tugas penting ini, perusahaan terkadang juga mengalami hambatan berupa penyimpangan baik dilakukan secara struktural maupun individu sebagai penyelenggara. 

Adapun keluhan masyarakat secara umum adalah dalam prosedur pelayanan dan penyampaian informasinya oleh petugas terkait dirasa kurang ramah dan kurang informatif. Keadaan tersebut boleh jadi mencerminkan kondisi penyelenggaraan pelayanan masih belum baik sehingga melahirkan kesimpulan bahwa langkah awal harus ditujukan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada pemohon secara berkesinambungan berdasarkan kriteria standarisasi pelayanan umum yang ditetapkan, sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor PSMB Medan.

"Rumusan Masalah"

Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan.

Tujuan:

Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan

Pembahasan:

Deskripsi Kegiatan Magang

Pengujian dan Sertifikasi yang merupakan salah satu layanan jasa yang dimiliki UPT Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) Medan. Pengujian adalah proses pemastian kualitas produk terhadap suatu persyaratan standar tertentu. 

Jadi pengujian biasanya merupakan salah satu langkah untuk memperoleh sertifikasi. Sedangkan Sertifikasi bermakna adanya jaminan tertulis berupa sertifikat dari pihak ketiga yang independen, seperti dari PSMB Medan. Sertifikat ini menjelaskan bahwa suatu produk beserta proses produksinya telah memenuhi persyaratan standar tertentu.

Adapun kegiatan magang yang dilakukan adalah menerima pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan prosedur alur kerja pada gambar 2.2, lalu barang contoh yang ingin di periksa dimasukkan ke dalam laboratorium mutu barang, setelah barang contoh sudah diteliti hasil barang tersebut diinput ke dalam format yang sudah dibuat oleh pegawai Laboratorium mutu barang dan setelah diinput penerbitan sertifikat hasil dari mutu barang.

Fenomena

Layanan untuk pengujian dan sertifikasi tidak luput dari penilaian masyarakat yang menggunakan jasa PSMB medan. Guna penilaian dari masyarakat adalah salah satu poin penting untuk memperbaiki apa saja yang dirasa kurang dalam pelayanan PSMB medan yang telah diberikan dan guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 

Pembahasan dan Analisis

Berdasarkan 10 kuesioner yang disebar ke 10 pelanggan dengan kategori yang bermacam-macam. Dihasilkan tabel analisis sebagai berikut:

1. Pegawai memberikan pelayanan yang maksimal 

Responden mengatakan sangat setuju atau 65,21% mengatakan setuju dan 4 responden mengatakan setuju atau 34,79% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 65,21% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,60. Dengan kata lain pegawai UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan memberikan pelayanan yang maksimal.

2. Pegawai memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen:

8 responden mengatakan sangat setuju atau 83,33% mengatakan sangat setuju dan 2 responden mengatakan setuju atau 16,67% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 83,33% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,80. Dengan kata lain pegawai UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen

3. Pegawai bersifat sabar dan sopan kepada konsumen

7 responden mengatakan sangat setuju atau 76,08% mengatakan sangat setuju, 2 responden mengatakan setuju atau 17,39% mengatakan setuju dan 1 responden mengatakan ragu - ragu atau 6,53% mengatakan ragu - ragu. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 76,08% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,60. Dengan kata lain pegawai UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan bersikap sabar dan sopan kepada konsumen.

4. Pegawai mampu melayani konsumen dengan penuh perhatian

5 responden mengatakan sangat setuju atau 58,13% mengatakan sangat setuju, 3 responden mengatakan setuju atau 27,90% mengatakan setuju dan 2 responden mengatakan ragu - ragu atau 13,96 % mengatakan ragu - ragu. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 58,13% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,30. Dengan kata lain pegawai UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan mampu melayani konsumen dengan penuh perhatian.

5. Pegawai mampu menjelaskan bagaimana proses untuk menerbitkan sertifikat dengan baik dan mudah dipahami

8 responden mengatakan sangat setuju atau 83,33% mengatakan sangat setuju dan 2 responden mengatakan setuju atau 16,67% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 83,33% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,80. Dengan kata lain pegawai UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan mampu menjelaskan proses untuk menerbitkan sertifikat dengan baik dan mudah dipahami.

6. Sertifikat diterbitkan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan

6 responden mengatakan sangat setuju atau 65,21% mengatakan sangat setuju dan 4 responden mengatakan setuju atau 34,79% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 65,21% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,60. Dengan kata lain sertifikat yang diterbitkan oleh UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan diterbitkan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan.

7. Kejelasan dari isi sertifikat dapat dipahami dengan baik 

4 responden mengatakan sangat setuju atau 45,45% mengatakan sangat setuju dan 6 responden mengatakan setuju atau 54,55% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 54,55% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,40. Dengan kata lain isi dari sertifikat yang diterbitkan oleh UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan dapat dipahami dengan baik.

8. Kertas yang digunakan untuk sertifikat sudah baik

4 responden mengatakan sangat setuju atau 45,45% mengatakan sangat setuju dan 6 responden mengatakan setuju atau 54,55% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 54,55% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,40. Dengan kata lain sertifikat yang diterbitkan oleh UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang Medan menggunakan kualitas kertas yang lumayan baik.

9. Kertas yang digunakan untuk sertifikat sudah baik 

Responden mengatakan sangat setuju atau 91,83% mengatakan sangat setuju dan 1 responden mengatakan setuju atau 8,17% mengatakan setuju. Adapun nilai presentase tertinggi adalah 91,83% dan presentase terendah adalah 00,00% dari 10 responden dengan nilai rata - rata 4,90. Dengan kata lain isi dari sertifikat yang diterbitkan oleh UPT. Pengujian dan sertifikasi mutu barang medan dapat dipahami dengan baik.

"Penutup"

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan tentang Pengaruh Pelayanan Konsumen Terhadap Sertifikat pada UPT. Pengujian dan Sertifikasi Mutu dan Barang di Medan bahwa konsumen merasa sangat setuju bahwa pelayanan yang diberikan sangat baik. Belum ada kritikan yang serius, paling tidak hanya komplain masalah waktu penyelesaian sertifikat. 

Saran

Saran yang dapat diberikan penulis adalah untuk tetap menjaga kualitas pelayanan yang sudah dinilai baik oleh konsumen dan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya lagi untuk mengurangi komplain-komplain kecil yang diterima.

Penulis    : Adela Zahra Harahap

Fakultas  : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Dosen      : Dr. Isnaini Harahap, M.Ag

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN 


Komentar

Berita Terkini