|

Bunda Roostien: Semangat Sumpah Pemuda Adalah Akar Dari Toleransi


M
edia Nasional Obor Keadilan | Jakarta (Rabu, 28/10-2020), 
Sempena hari peringatan sumpah pemuda hari ini menggelora disanubari insan pemuda pemudi Indonesia. peringatan hari ulang tahun yang sangat bernilai tinggi ini untuk bangsa Indonesia ini bermacam cara. Roostien Ilyas yang akrab disapa bunda Roostien mempunyai cara unik dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa yaitu mengkampanyekan betapa pentingnya mensosialisasikan gaya budaya santun serta toleran terhadap sesama.

Pagi ini sabtu 28 oktober 2020, selain menyampaikan siaran persnya ke media nasional Oborkeadilan.com, Roostien Ilyas juga baru saja di wawancara RRI (Radio republik Indonesia) tentang hari sumpah pemuda.

Yang menurutku sejak berdirinya Republik ini kita telah terbiasa dengan perbedaan.
tapi dengan perasaan cinta yang sama pada nusa dan bangsa.

Perbedaan adalah karunia, ibarat harmoni indah dalam seni, beda yang mampu menyatukan kita dalam Bhineka Tunggal Ika.

Jangan kita rusak perbedaan ini menjadi kebencian, kebhinnekaan yang tetap relevan sampai kapanpun dengan menyadari bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk terdiri dari 17.400 pulau dan 740 an etnis suku bangsa, yang merupakan "ratna mutu manikam".

"Kita harus jaga kesatuan bangsa ini sejak dini anak-anak ibarat kertas polos yang warna warni sesuai karakternya."

Maka tugas kita yang akan menorehkan apa di atas kertas warna warni itu, berikan selalu fooding toleransi pada generasi penerus sejak dini yaitu 3 kata ajaib; "tolong, maaf dan terimakasih".

"Biasakan dari kecil anak mengerti kalau dia minta tolong harus dengan santun minta maaf kalau salah dan juga mau memaafkan dengan tulus."

Biasakan mengucapkan terimakasih manakala menerima pertolongan, aku yakin dengan membiasakan sedini mungkin pada anak untuk menerima perbedaan dalam apapun akan menjadikan bangsa ini kuat tangguh menyatu dalam kebhinekaan yang juga menjadi harapan kita semua mampu merepresentasikan semangat ikrar pemuda tahun 1928 oleh para pemuda pemudi Indonesia.

Akhir kata "SUMPAH PEMUDA ADALAH AKAR DARI TOLERANSI"


Selamat Hari SUMPAH PEMUDA  [◇]

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini