|

Polda Kalbar Tidak Mentolerir Pelaku Illegal Dibatas Negara

Ket Gambar : Kapolda Kalbar Kembali Mengunjungi Pos Perbatasan Temajuk

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | TEMAJOK | Polres Sambas merupakan salah satu dari 5 Polres di Polda  Kalbar yang memiliki wilayah perbatasan Negara antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu hanya wilayah Kabupaten Sambas yang memiliki batas darat maupun laut dengan Malaysia, yang empat wilayah lainnya hanya memiliki batas daratan. (Rabu, 17 Oktober 2018).

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs Didi Haryono kembali mengunjungi batas Negara di Temajuk Kabupaten Sambas, kali ini ia melakukan kunjungan melalui jalur lintas darat, pada hari Selasa, (16/10/2018).

“Beberapa bulan lalu ia bersama Gubernur Kalbar dan Pangdam XII/TPR telah mendatangi Temajuk ini dengan menggunakan Hellycopter. Sengaja kali ini kita datang melalui jalur darat, untuk menemui dan melihat kondisi rill keadaan terkini disepanjang pelintasan menuju Pos Temajuk. Sehingga diketahui persis apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan personel dilapangan dalam menjaga keamanan diperbatasan Negara ini,” kata Irjen Didi Haryono.

Dihadapan personel TNI dan Polri yang bertugas diperbatasan Temajuk ini, yakni personel dari Satgas Pamtas Republik Pos Temajuk - Yonif 511/DY Badak Hitam dan personel Pangkalan Pos TNI Angkatan Laut Temajuk serta personel Polsubsektor Temajuk. Irjen Pol Didi Haryono merasa bangga terhadap mereka, ia selalu memonitor langsung situasi keamanan dan sinergitas antara petugas diperbatasan dan sampai saat ini kita merasakan situasi yang sangat aman dan kondusif.

“Sebagai salahsatu unsur pimpinan ditingkat Provinsi, kami menyampaikan pesan-pesan dari Gubernur maupun Pangdam XII/TPR untuk mengakomodir apa yang dikeluhkan atau kesulitan di perbatasan ini. Kami paham betul menjaga perbatasan ini sangat sulit, namun kita tetap siap, sigap, sabar dan bertanggungjawab dalam pengabdian tugas Negara. Jalin terus sinergitas yang baik bersama semua unsur yang ada diperbatasan,” ajak Irjen Pol Drs Didi Haryono menyemangati.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolda kalbar berkesempatan langsung berdialog bersama personel dan prajurit TNI-Polri di batas Temajuk. Banyak hal yang disampaikan baik mengenai kekuatan personel, sarana komunikasi maupun sarana transportasi darat dan air yang ada saat ini. “Silahkan saling berkolaborasi antara personel TNI-Polri diperbatasan ini. Gerbang utama negara berada diperbatasan, kita jaga dengan baik,” pintanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh anggota dan prajurit di perbatasan agar melakukan pemeriksaan terhadap lalulintas orang dan barang dibatas Negara ini, lakukan pengawasan jangan sampai barang illegal dan Narkoba masuk melalui jalur perbatasan Negara.

“Kita sadar walaupun nanti ada godaan dari pelaku illegal yang ingin memanfaatkan celah diperbatasan ini, namun kita semua tidak dapat dibeli, kita berkomitmen untuk menjaga pintu gerbang bangsa Indonesia ini dengan baik,” menegaskan.

Jenderal bintang dua itu tidak main-main menindak kejahatan apapun di wilayahnya tanpa tebang pilih. Sebab, mantan Wakapolda Kepulauan Riau itu berkomitmen Polda Kalbar Zero Illegal dan Zero Tolerance. “Ini tentunya demi untuk kebaikan bersama dan memastikan bahwa segala sesuatu harus sesuai prosedur yang berlaku,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan ini Nampak hadir Kapolda Kalbar di dampingi Kepala BNNP Kalbar, Direktur Intelegen Polda Kalbar, Direktur Narkoba Polda Kalbar, Kapolres Sambas dan Pejabat Polres Sambas.(red)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan




Komentar

Berita Terkini