|

MANTAPKAN LATOPSRATMIN 2018 KOLINLAMIL LAKSANAKAN TACTICAL TEAM TRAINER

  Gambar  : Istimewa

Jakarta |  Media Nasional Oborkeadilan |  [22 - 03 - 2018 ] Kamis - Untuk menajamkan kegiatan latihan operasi pendaratan administrasi (latopsratmin) 2018, Kolinlamil melaksanakanTactical Team Trainer  di ruangAction Speed Tactical Trainer, Gedung Pulau Sumatera,  Puslatkekdalsen, Kodiklatal, Surabaya, Rabu.

Latihan simulasi taktik ini dipimpin langsung Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya Kolonel Laut (P) Sigit Santoso.

Menurutnya latihan ini bertujuan untuk menyelaraskan dengan simulasi Tactical Floor Game (TFG)  yang sebelumnya dilaksanakan kemarin dengan sistem simulasi operasi angkatan laut di puslatlekdalsen kodiklatal.

Setelah melaksanakan Tactical Floor Game dan Tactical Team Trainer, rencananya Kamis (22/3) seluruh unsur yang terlibat latihan akan melaksanakan manuvra lapangan menuju daerah latihan Tanjung Jangkar, Banongan, Situbondo.

Unsur – unsur yang terlibat dalam manuvra lapangan latopratmin 2018 tersebut 9 unsur diantaranya 5 unsur Kolinlamil KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Lampung 540, KRI Teluk Bintuni 520, KRI Teluk Parigi 539 dan KRI Banda Aceh 593. Sedangkan 4 lainnya dari unsur Koarmatim KRI Keris 624, KRI Singa 651, KRI Hasan Basri 382, dan KRI Pandrong 801.

Sesuai dengan skenario latihan, unsur-unsur KRI Kolinlamil akan mendaratkan pasukan marinir Satuan Tugas Darat (Satgasrat) dari Pasmar 1 Surabaya dan material tempur.

Pendaratan pasukan marinir akan dilaksanakan KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Parigi 539, KRI Teluk Lampung 540 dan KRI Teluk Bintuni 520 masing-masing 1 peleton. Khusus KRI Teluk Parigi 539 selain mendaratkan pasukan, juga akan mengangkut dua unit kendaraan tempur BMP dengan 8 orang pengawak, sedangkan KRI Banda Aceh 593 sebagai kapal markas dengan 29 personel Komando Tugas Pendaratan Gabungan (Kogasratgab).

Dalam Tactical Team Trainerdisimulasikan mulai embarkasi personel, radio cek hingga keluar pelabuhan (Leaving Harbour) masing – masing unsur secara berurutan. Setelah itu simulasi peran melewati medan ranjau, maneuver taktis, peran helly,sailing pass, latihan formasi, gunnex, Flashex, Aarofek, manuver taktis tanpa gerakan, NSIC, OOWEX. Setelah itu seluruh unsur tiba di daerah tunggu dilanjutkan latihan proses penyekatan, peran helly dilanjutkan peran docking, lego dalam formasi, peran sekoci,beaching, peran buka rampa dan debarkasi pasukan sampai embarkasi pasukan serta ranpur dilanjut kembali ke pangkalan surabaya.

Usai simulasi T3,  seluruh peserta latihan embarkasi pasukan dan kendaraan tempur di dermaga Ende, Ujung, Surabaya. (Dispen Kolinlamil). [ MI ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini