|

JOSE RIZAL INGIN JADIKAN PENGUSAHA BUMIPUTERA SEBAGAI PEMAIN UTAMA DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL

Jakarta - Media Nasional Obor Keadilan, Selasa (3/10-23), Ketua umum Asprindo (Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia) mengatakan peran pengusaha Bumiputera di Indonesia saat ini semakin terpinggirkan.

Alhasil menurut dia, peran tersebut tersubtitusi oleh oligarki (konglomerat) yang notabene adalah pengusaha nonpribumi.

Karenanya, Jose yang saat ini kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asprindo berjanji akan menjadikan Asprindo sebagai pusat jaringan pengusaha Bumiputera yang kuat, terintegrasi, holistik, dan berkelanjutan.

"Dimana setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang, memiliki hak yang sama untuk berkontribusi, saling mendukung, saling mengisi; sehingga bisa mendorong terjadinya transformasi pengusaha Bumiputera di segala bidang usaha," kata Jose usai terpilih dalam Munas I Asprindo di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat akhir pekan lalu.

Lanjut Jose, Asprindo akan berkontribusi mendorong perubahan ekosistem usaha nasional menuju struktur perekenomian yang lebih berkeadilan.

"Kami menginginkan Asprindo menjadi jaringan kemitraan pengusaha Bumiputera yang dalam bekerja sama mendorong transformasi pengusaha Bumiputera, mencari keadilan dalam ekosistem perekonomian nasional," ujarnya lagi. 

Untuk mewujudkan impian tersebut pihaknya telah merumuskan beberapa konsep yang terintegrasi dan holistik yakni pembangunan transformasional yang berbasis komunitas dan berkelanjutan, terfokus pada kebutuhan pengusaha Bumiputera.

"Pemberian bantuan dan pendampingan agar pengusaha Bumiputera dapat menerapkan praktik berusaha yang lebih kompetitif dan memenuhi asas praktik bisnis yang teruji (best practice)," jelasnya. 

Selain itu lanjut dia, pihaknya akan menggaungkan promosi ekonomi yang lebih berkeadilan (terutama kepada pemerintah) yang berupaya mengubah struktur yang tidak adil dalam perekonomian nasional sehingga membuka kesempatan berusaha seluas-luasnya bagi pengusaha Bumiputera. 

"Juga memperkuat kemitraan dengan sesama pengusaha Bumiputera dengan membentuk jaringan yang kuat, lentur, dan berdaya dorong," imbuhnya. 

Jose menambahkan peran Asprindo akan diwujudkan dengan mengedepankan inklusivitas, keberagaman, dan perlakuan serta peluang yang adil bagi semua Anggota/Pengusaha Bumiputera. (Red)

Komentar

Berita Terkini