|

Derita Siswi SMK yang Tinggal di Bekas Kandang Ayam: Sudah Kebal Sering Diejek Teman Sejak SMP

Foto: Ketua DPRD Kabupaten Magetan Sujatno mendatangi tempattinggal Indriana bekas kandang ayam. Indriana tetap sekolah meski tinggal di bekas kandang ayam dan bekerja mencari sisa padi bekas panen warga untuk bisa membeli HP dan paket data agar bisa belajar secara daring. (Sumber: KOMPAS.COM/SUKOCO)
MAGETAN, MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN| Seorang siswi SMKN 1 Magetan, Jawa Timur, bernama Indriana Setya Rahayu, mengaku sering mendapat ejekan dari teman-temannya karena tinggal di bekas kandang ayam di Desa Sumber Sawit.

Perempuan berusia 16 tahun itu diketahui tinggal di bekas kandang ayam lebih kurang setahun. Indriana tak sendiri. Ia bersama ibunya, Surati dan seorang adiknya tinggal di kandang tersebut.

Indriana mengatakan, dirinya sudah sering diejek oleh teman-temannya sejak duduk di bangku SMP.

Karena terlalu sering diejek, Indriana pun memilih tak menghiraukan ejekan tersebut. Indriana mengaku sudah kebal atas ejekan teman-temannya.

“Sering diejek tidak punya rumah, tinggalnya di bekas kandang ayam. Sekarang sudah kebal,” kata Indriana seperti dikutip dari Kompas.com pada Jumat (7/8/2020).

Dari pantauan media rumah Indriana hanya dipasang dinding dari anyaman bambu. Lalu, Indriana dan ibunya memasang kain terpal agar menghalau angin.
>>
Indriana pun tak perlu membayar sewa, karena bekas kandang itu dipinjamkan oleh tetangga yang bersimpati kepada keluarganya.

Keadaan itu justru membuat Indriana bersemangat. Ia berjanji akan berjuang untuk segera lulus dan berharap bisa segera bekerja membantu ibunya.

“Kalau hanya lulus SMP enggak bisa kerja, makanya saya tetap harus sekolah,” ujar Indriana, Kamis (6/8/2020) malam.

Indriana menceritakan, tinggal di bekas kandang ayam membuat dirinya terbiasa dengan kondisi seadanya.

Sejak ayah dan ibunya bercerai, sang ibu menjadi tulang punggung keluarga. Sehari-harinya, Surati bekerja mencari sisa panen di sawah dan menganyam besek bambu.

Kondisi yang demikian membuat Indriana terpacu untuk segera bekerja dan membelikan sang ibu rumah.
>>
“Saya pengin cepat kerja dan membelikan ibu rumah,” ujar dia.

Saat didatangi Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno, Indriana mengaku tetap ingin sekolah agar bisa kerja dan membelikan rumah untuk ibunya.

“Saya pengin cepat kerja dan membelikan ibu rumah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Magetan Dujatno mengatakan, bekas kandang ayam yang ditempati Indriana, ibu dan adiknya tidak layak karena hanya berdinding anyaman bambu dan terpal.

"Kami masih upayakan solusinya seperti apa karena tempat tinggalnya tidak layak," kata Dujatno.

Melihat kegigihan Indriana yang tetap ingin bersekolah meski dalam kondisi tidak mampu, membuat Sujatno kagum.

Bahkan, Sujatno mengaku akan menanggung biaya pendidikan Indriana dan mengangkatnya sebagai anak asuh.
>>
"Saya melihat kegigihannya untuk tetap bersekolah itu luar biasa," ujar Sujatno.

Sujatno pun berjanji akan segera mencarikan solusi agar Indriana dan keluarganya bisa tinggal di rumah yang lebih layak.

Baca Juga: Siswi SLB Di Grobogan Pinjam HP Untuk Belajar Daring

“Kami masih upayakan solusinya seperti apa karena tempat tinggalnya tidak layak,” kata Sujatno. }]][]

Sumber: kompas tv


Komentar

Berita Terkini