HEADLINE

Ir. Osman H. Marbun, M.MT : Pembangunan Jalan Trans Papua Capai 91 Persen

/

Redaksi / Rabu, 01 Agustus 2018 / 09:48 WIB

Sebarkan:

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | PAPUA | Progress pembangunan jalan Trans Papua sudah mencapai 91 %, dan direncanakan akhir Tahun 2018 ini sudah selesai 95%, lalu Target yang akan kami selesaikan di Tahun 2018 yaitu 197, 91 Km dan sisanya tinggal 154,79 Km yang akan diselesaikan di Tahun 2019 dengan Total keseluruhan di Wilayah Papua yaitu 3.259 Km, sedangkan Total panjang keseluruhan Ruas Jalan Nasional di wilayah Papua Barat 1.071 Km, sehingga Total keseluruhan Ruas Jalan Nasional Papua dan Papua Barat adalah 4.330 Km, jelas Kepala Balai Wilayah XVIII Papua Ir. Osman H. Marbun, M.MT  di ruang kerjanya beberapa hari yang lalu.

Osman menambahkan bahwa Jalan yang sudah teraspal lebih kurang 1.585 Km dan rencananya selesai diakhir Tahun 2018 yaitu 1.611 Km, dan ditambah lagi Tahun ini ada pengaspalan sepanjang 26 Km untuk Ruas Jalan baru di luar dari Ruas Jalan yang lama yang dilapisi ulang, sedangkan kendala yang dihadapi harus kita ketahui bersama, bahwa Kondisi Medan yang sangat berat, kemudian Ruas Jalan Trans Papua yang di Wilayah Pegunungan, terutama masalah Mobilisasi Bahan Konstruksinya harus melalui Jalur Udara dengan menggunakan Pesawat, kemudian cuaca yang sangat Ekstrim, lalu ada kendala Non Teknis yang sifatnya seperti hak ulayat, ganti rugi tanah dan tanaman tumbuh yang sering terjadi, jelasnya.

Kemudian ada terdapat beberapa bagian Wilayah yang belum tembus dari satu daerah ke daerah lain, diantaranya adalah Enarotali - Sugapa, Sugapa - Bioga, Bioga - Ilaga, Ilaga - Sinak, sedangkan untu tahun ini, kita harapkan Wamena - Jayapura bisa tembus, ucap Osman.

"Ia juga berharap kedepan harus ada kerja sama antar Pemerintah Daerah agar bisa mendukung Program Pembangunan, karena Pemerintah Daerah yang lebih tahu, bagaimana pembawaan sifat dan Karakter Masyarakatnya agar mendukung kami untuk penyelesaian hak ulayat sehingga Proses Pembangunan dapat berjalan lancar, "tutup Osman. (Oriyen S)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI