|

Tim UI Peduli Dampinggi Satgas KES TNI MELAKUKAN AKSI KE DISTRIK KOLF BRAZA

Ket Gambar : Tim UI Peduli Prof. Heri Hermansyah menyampaikan bahwa Timnya akan melakukan aksi di Distrik Suator Agats Disampaikan Pada rapat Evaluasi Satgas Kes Penanggulangan Campak dan Gizi Buruk yang bertempat di Aula Kesbangpol. 

Asmat - Papua | MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Pada rapat Evaluasi Satgas Kes Penanggulangan Campak dan Gizi Buruk yang bertempat di Aula Kesbangpol, Distrik Agats, Kabupaten Asmat dihadapan Bupati Elisa Kambu, S.Sos, Perwakilan Tim UI Peduli Prof. Heri Hermansyah menyampaikan bahwa Timnya akan melakukan aksi di Distrik Suator Agats.

Dalam aksinya Tim UI berencana akan ke Distrik Kolf Braza namun meminta arahan dan masukan dari Bupati dalam 3 hari ke depan untuk melakukan Layanan Kesehatan, Penguatan gizi dan Asesmen Sosial Budaya. Tim akan melakukan penyisiran Kondisi Anak Balita di 3 Kampung Distrik Agats dengan didampingi oleh Tim Kesehatan TNI.

Selain itu Tim UI bermaksud melakukan wawancara dengan Kepala Dinas Kesehatan dan Bupati untuk menghasilkan beberapa Rekomendasi untuk melakukan Penelitian terkait Antropologi Kabupaten Asmat. Dikemudian hari, Pihak UI akan datang lagi untuk melakukan aksi lanjutan di Kabupaten Asmat.

Perlu diketahui bahwa langkah tersebut diambil setelah mendapat gambaran dari Bupati Asmat sesuai dengan penyampainya bahwa bahwa Mayoritas masyarakat asli Asmat sekitar 60-70 persen merupakan masyarakat Peramu dan tidak memiliki penghasilan yang tetap. Kabupaten Asmat merupakan Kabupaten Pemekaran yang memiliki khas tersendiri sehingga masih membutuhkan waktu untuk membina masyarakat agar setara dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Status KLB sudah dicabut dan Tanggap Darurat sudah selesai, namun perlu adanya pendampingan dalam masa pemulihan dan mendukung masyarakat untuk hidup sehat serta perlu menghitung kebutuhan tenaga Kesehatan di Kabupaten Asmat sehingga Tim dari luar yang datang bisa tinggal lebih lama di Kabupaten Asmat.

Sedangkan Ketua Tim Satgas Kes TNI GEL III Letkol Laut (K) dr. Aminuddin Harahap, Sp, A. menyampaikan bahwa dalam melakukan aksinya akan bersama sama dengan berbagai NGO yang selama ini terus bersama, termasuk dari TIM UI Peduli. ( Oriyen S) 

Editor :Yuni S 
Penanggung Jawab :Obor Panjaitan 
Komentar

Berita Terkini