|

Tips untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Sistem Daring Selama Pandemi

Penulis : Juliyati Mahasiswa,
Peserta KKN-DR UINSU Medan

Media Nasional Obor Keadilan | Selasa (4/08-2020),
Selama berlangsungnya masa pandemi covid 19 ini pembelajaran di Indonesia di laksanakan secara daring (dalam jaringan) demi menghindari penyebaran virus covid 19 dan juga sebagai sebagai penerapan physical distancing yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan gugus tugas covid 19, dengan demikian pembelajaran tatap muka ditiadakan sementara.

Semenjak berlangsungnya masa pandemi ini, oleh karena itu tidak heran jika banyak siswa ataupun mahasiswa yang mengeluh akibat pembelajaran sistem daring di terapkan, karena mungkin mereka merasa bosan mengalami kejenuhan pada saat belajar sistem daring. Maka dari itu untuk mengatasi kejenuhan tersebut berikut ini ada beberapa tipe untuk menepis rasa jenuh pada saat belajar sistem daring.

Adapun Tips yang bisa di lakukan untuk mengatasi kejenuhan belajar sistem daring sebagai berikut:

1. Mengatur Waktu Sebaik Mungkin
Tentunya sebagai Pelajar/Mahasiswa harus pandai mengatur waktu, ada waktunya kerja waktu belajar membantu orang tua, hangout bareng teman, dan lain sebagainya. Begitupun dengan pembelajaran daring/online harus pandai mengatur jadwal sebaik mungkin dan jangan sampai terus-menerus dikejar deadline, karena dengan hal tersebut malah akan merusak mood dan pasti memicu timbulnya malas untuk belajar.

2. Menguasai Diri Dan Gaya Belajar Seperti Apa yang Disukai
Menguasai diri dan gaya Belajar seperti apa juga harus di tentukan karena hal itu akan sangat membantu apakah kita harus belajar di tempat keramaian ataukah di tempat yang sepi agar lebih menambah kefokusan kita saat belajar daring.

3. Menyiapkan Alat-Alat Yang Menunjang Pembelajaran Sistem Daring
Untuk pembelajaran daring sudah pasti membutuhkan kuota internet dan jaringan internet yang cepat, agar bisa mengakses aplikasi pembelajatan indonesia, apabila saat pembelajaran yang berlangsung membahas tentang materi dan hitung-hitungan tentu saja kita juga harus menyiapkan alat tulis pada saat pembelajaran dimulai.

4. Tidak Perlu Memikirkan Beratnya Atau Sulitnya Belajar Sistem Daring
Hal ini merupakan suatu problem bagi para Siswa dan juga Mahasiswa mereka akan berpikir bahwasanya akan mengalami kesulitan selama mengikuti pembelajaran sistem daring, akan tetapi alangkah baiknya kita menepis pikiran tersebut jauh-jauh karena semua akan mudah apabila dijalani tanpa dibarengi dengan keluhan-keluhan yang tidak penting, karena semua hal pasti ada jalan keluarnya.

5. Menentukan Target Pencapaian Nilai Akhir/IPK Semester Ini
Untuk menambahkan semangat saat menjalani pembelajaran dan perkuliahan sistem daring di era pandemi covid-19 ini Tentu saja kita harus punya cara untuk menargetkan pencapaian Nilai Akhir ataupun indeks prestasi kumulatif IPK semester ini dengan demikian juga harus dibarengi dengan berusaha keras dan belajar semaksimal mungkin agar semua yang di targetkan tercapai.

6. Menyediakan Waktu Untuk Menghibur Diri
Jika belajar terus menerus dan memaksakan diri tentu saja akan mengakibatkan kejenuhan Nah untuk menghindari itu kita perlu mengambil sedikit waktu untuk menghibur diri dengan cara kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghibur diri, seperti nongkrong bareng teman dan juga jalan-jalan bareng, atau hangout bareng teman ke tempat-tempat yang bernuansa alam agar mampu memberikan ketenangan fikiran dan Kedamaian jiwa.
Nah kira-kira seperti itulah upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat belajar sistem daring di rumah Selama masa Pandemi, Semoga upaya tersebut dapat menepis kejenuhan belajar kamu semua ya...! .

Karya: Juliyati Mahasiswa,
Peserta KKN-DR UINSU Medan

~Terima Kasih~

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini