|

TIPS GENERASI MILLENNIAL MENJALANI HIDUP DI MASA PANDEMI COVID -19

Penulis: Wira Ayu Puspita K Gultom

Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis |Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Selasa (11/08-2020), Saat ini umat manusia dibelahan dunia sedang dirunding kesedihan akibat penyebaran virus corona. Suatu wabah yang mematikan yang dikenal dengan Corona virus Disease, Covid-19. Mula pertama Covid-19 diketahui timbul di Wuhan, Cina. Yang mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. 

Karena penyebarannya melintasi batas-batas negara, maka WHO mengumumkan covi-19 sebagai pandemi. Menurut World Health Organization, Virus corona adalah virus yang menyebabkan flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti sindrom pernapasan timur tengah (MERS-CoV) dan Sindrom penafasan akut parah (SARS-CoV). Bahkan ada dugaan bahwa virus corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. 

Namun, kemudian diketahui bahwa virus corona juga menular dari manusia ke manusia. Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus corona atau sekarang secara resmi disebut Covid-19.

Angka kasus covid-19 di Indonesia terus meningkat. Dimana pada hari Jumat 07 Agustus 2020 jumlah pasien yang positif terjangkit virus corona Covid-19 sudah mencapai 121.226 orang. Dibandingkan dengan data sehari sebelumnya kasus positif Covid-19 di indonesia meningkat 2.473 orang.

Sebanyak 38.076 orang harus mendapat perawatan. Sementara itu pasien yang sembuh bertambah sebanyak 1.912 orang. Angka ini meningkat dibanding hari sebelumnya dengan total sembuh secara keseluruhan kini mencapai 77.557 orang.

Namun,data yang dirilis dari situs Covid-19.go.id, juga memperlihatkan grafik naik pada angka kematian akibat Covid-19 perharinya sebanyak 72 orang dinyatakan meninggal dunia atau meningkat dua kasus dari hari sebelumnya.

 Secara keseluruhan kematian akibat Covid-19 di indonesia sudah mencapai angka 5.593 orang, atau 43 persen dari total pasien yang telah terkonfirmasih.
Generasi Millennial atau yang disebut juga dengan Anak Zaman Now. Generasi ini lahir setelah zaman generasi x.

Generasi Millennial dianggap spesial karena sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi lagi bidang teknologi, informasih dan komunikasi. Generasi Millennial lebih produktif dan lebih mahir menggunakan teknologi dan internet, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selama masa pandemi dan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di indonesia. Dimana pembatasan tersebut meliputi pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, di sekolah dan mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah saja.

Selama di rumah ada banyak waktu dan kegiatan yang dapat dimanfaatkan mengisi kekosongan.
Berikut ini adalah Tips bagi Millenial menjalani hidup di masa pandemi Covid-19 yaitu:

1. Memanfaatkan Waktu sebisa Mungkin, Selama masa pandemi berlangsung dan mengharuskan seseorang untuk berada dirumah, mereka dapat memanfaatkan waktu kosong dengan cara mengikuti acara seminar online (webinar) yang banyak tersebar di media sosial. Dibanding dengan hanya bermain game  yang membuang waktu seharian. Membaca dan belajar dari rumah, serta dapat menulis dan menuangkan ide-ide yang akan dapat dimuat di media massa.

2. Berkarya Melalui Media Online, dengan cara membuat vlog atau video yang bermanfaat. Misalnya dengan membuat video kreatif pencegahan Covid-19 dan cara melindungi diri dari Covid-19.

3. Melakukan kegiatan yang produktif, misalnya dengan cara membuat atau memproduksi Masker Kain ataupun Handsanitizer sendiri. Dimana langkahnya kedua barang tersebut. Dengan begitu kamu telah menolong banyak orang yang membutukkan barang tersebut.

4. Menjadi Relawan, dengan ikut serta dalam proses pencegahan Covid-19 dengan melarang orang-orang untuk berkumpul dan berkerumun  dan harus menerapkan social distancing. Dan ikut membantu tenaga pendidik untuk mengajar di daerah pelosok desa, dimana terbatasnya sarana internet dan alat untuk berkomunikasi.

Itulah Tips yang dapat dilakukan Milenial menjalani Hidup selama pandemi Covid 19. Semoga tips ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga kita selalu di berikan kesehatan dan  di lindungi dari wabah pandemi ini.

 Dan semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita dapat melakukan kegiatan normal seperti sedia kala. Tetap semangat menjalani hidup ini dan selalu berpositif thinking bahwa sesuatu yang terjadi ini adalah pelajaran dan kita dapat mengambil hikmah dari suatu peristiwa yang terjadi. Selalu jaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan. Sekian dan Terimakasih dari penulis.(*)

Identitas Penulis: Wira Ayu Puspita Kusuma Wardani Gultom.

Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis / Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan Peserta KKN - DR Kelompok 72










Komentar

Berita Terkini