|

5 PENYEBAB KEMISKINAN (MASALAH SOSIAL)

Penulis: Siti Maryam
Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN-SU), PENDIDIKAN IPS

Media Nasional Obor Keadilan| Selasa (4/08-2020), Defenisi tentang kemiskinan sangat beragam, mulai dari sekedar ketidakmampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar dan memperbaiki keadaan, kurangnya kesempatan berusaha hingga pengertian yang lebih luas yang memasukkan aspek sosial dan moral.

Dalam arti sempit, kemiskinan dipahami sebagai keadaan kekurangan uang dan barang untuk menjamin kelangsungan hidup. "Dalam arti luas, kemiskinan merupakan suatu fenomena Multiface atau multidimensional. kemiskinan adalah apabila pendapatan suatu komunitas berada dibawah satu garis kemiskinan tertentu".

"kemiskinan juga berarti kekurangan kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan dalam kehidupan masyarakat yang layak (Ali Khomsan : 2015)".

Kata miskin bukanlah hal yang biasa kita dengar melainkan sudah sangat familiar. kemiskinan merupakan masalah besar dan menjadi pusat perhatian utama dalam suatu Negara. pemerintah Indonesia sendiri memiliki masalah yang kompleks dalam pemberantasan kemiskinan dan seperti kita ketahui pemerintah sangat perhatian dalam upaya penghentian kemiskinan di Indonesia.

Tanpa kita sadari ternyata banyak faktor faktor yang menyebabkan adanya kemiskinan, yakni:

1. Tingkat pendidikan yang rendah

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang dalam konteks ini salah satu penyebab adanya kemiskinan adalah tingkat pendidikan yang rendah sehingga mengakibatkan seseorang cenderung kurang memiliki keterampilan, wawasan dan pengetahuan yang kurang memadai untuk kehidupannya.

Sedangkan dalam kehidupan usaha dan pekerjaan pendidikan sangat dibutuhkan untuk bersaing agar mendapatkan pekerjaan yang layak dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. akibat dari pendidikan yang rendah akan menimbulkan pengangguran yang menimbulkan kemiskinan.

2. Keterbatasan lapangan pekerjaan

Keterbatasan lapangan pekerjaab merupakan salah satu faktor penyebab kemiskinan dengan terbatas pekerjaan masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan nya banyaknya penganggura disuatu Negara bisa juga menjadi suatu patokan kemiskinan disuatu Negara, semakin besar jumlah pengangguran maka semakin besar pula penyebab kemiskinan disuatu Negara tersebut. Hal ini juga disebabkan oleh ketidakstabilan ekonomi dan ketidakpastian arah politik dan kebijakan Negara tersebut.

3. Kemalasan

Saat dilahirkan kedunia tidak ada manusia dalam keadaan miskin namun ada keadaan dimana kita dilahirkan dalam keluarga yang kekurangan (Miskin) itu pasti tapi bukan berarti kita tidak bisa merubah keadaan tersebut. ada banyak jutaan dan milyader yang terlahir dari keluarga miskin.

kita selalu merasa miskin dan tidak mempunyai apa apa padahal hal tersebut hanyalah sebuah alasan yang merupakan sebuah kemalasan dan suka berandai andai daripada melakukanya di dunia nyata. Sebenarnya banyak kesempatan untuk kita merubah kemiskinan tersebut menjadi keadaan yang lebih layak namun kita terlalu mengulur waktu dalam hal tersebut, jika kita bekerja dengan giat dan mengambil setiap kesempatan dengan baik dan ulet maka kemiskinan ini akan teratasi dengan cepat.

4. Keterbatasan sumber daya alam dan modal

Di dalam suatu masyarakat kemiskinan terjadi biasanya diakibatkan kurangnya sumber daya alam ataupun sumber daya modal hal ini karena sumber daya alam tidak lagi menyediakan dan memberikan keuntungan. Karena alam sekitar tidak lagi menyediakan kebutuhan lagi dan tidak dapat di olah lagi maka menimbulkan kemiskinan. terkadang hal tersebut bukanlah kehendak masing masing orang namun akibat kecerobohan suatu oknum yang merusak lingkungan hingga menimbulkan kelangkaan sumber daya alam.

5. Beban hidup Keluarga

Beban hidup keluarga menjadi hal yang signifikan dalam penyebab terjadinya kemiskinan. biasanya jika dalam satu keluarga tersebut memiliki anak yang cukup banyak maka kebutuhan nya sulit terpenuhi. seseorang di tuntut untuk bekerja lebih giat lagi sesuai kebutuhan jumlah keluarga tersebut.

Kemiskinan memang menjadi masalah besar bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia, harus kita pahami bahwa pemberantasan kemiskinan bukan hanya tugas pemerintah melainkan juga tugas kita dengan cara berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya dengan ikut serta berinvestasi pada usaha menengah bawah.(◇)

Identitas Penulis,
Nama: Siti Maryam

Alamat: Sei Sitorus, Desa Sei Jawi Jawi, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN-SU), PENDIDIKAN IPS
Peserta KKN UINSU 67 
Gmail: Sitimaryam121098@gmail.com
Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini