|

SMA Four Membangun Kesalehan Sosial Melalui Festival Muharram 1441 H


OBORKEADILAN.COM| Pembentukan karakter dan kesalehan sosial bagi peserta didik di SMA Negeri 4 Cibinong dilakukan secara kontinu atau _sustainable_ dengan maksud untuk mempersiapkan generasi muda yang berakhlak mulia, cerdas, dan sukses dunia akhirat.

Salah satu cara membangun kesalehan sosial di kalangan peserta didik SMAN 4 Cibinong adalah dengan menyelenggarakan "Festival Muharram 1441 H" yang dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 20 September 2019, dan kegiatan Festival Muharram ini diantaranya diisi dengan Kegiatan Islami seperti lomba Ceramah, Kaligrafi, serta  MTQ dan Saritililawah antar kelas.

Kegiatan ini dimulai dari Kamis, 19 September 2019 dengan melaksanakan berbagai  Perlombaan Islami (dakwah, MTQ dan kaligrafi) untuk babak penyisihan yang diikuti oleh seluruh perwakilan kelas (36 kelas).

Kegiatan ini mengusung  tema " Berhijrah Menjalin Ukhuwah Islamiyah" , yang bertujuan mengajak peserta didik dan warga sekolah untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan  mempererat ikatan silahturahmi di antara keluarga besar SMAN 4 Cibinong dengan Masyarakat di sekitar sekolah.

Acara puncak kegiatan dilaksanakan hari Jumat, 20 September 2019 diisi dengan final lomba-lomba Ceramah, MTQ dan Kaligrafi, dan dilanjutkan dengan santunan bagi  250 anak yatim ( piatu ) dan dhuafa yang ada di lingkungan sekolah dan lingkungan kelurahan Cibinong.
Hadir pula  penceramah agama yang diisi oleh  _Ustad Nur Syamsuddin_, Penghafal Al-Quran 30 Juz. sebagai salah satu _co.host Islam itu Indah Trans TV_. Dan suatu kehormatan untuk  kami, Ustadz Syamsuddin Nur berkenan menjadi Imam sekaligus khatib Jumat di Masjid At-Taubah SMAN 4 Cibinong.

Kegiatan yang berjalan dengan lancar dan hikmat ini dihadiri oleh para peserta didik, guru, tenaga administrasi sekolah (TAS), orang tua, Komite Sekolah dan perwakilan orang tua. Tidak ketinggalan, hadir juga  para tamu dan undangan dari Muspika atau pihak Kecamatan, Kelurahan, Koramil, dan Polsek, instansi yang ada di sekitar wilayah SMAN 4 Cibinong.

Berikut para pemenang lomba dengan berbagai kategori,
1. Juara 1 Kaligrafi dari kelas XI MIPA 1
2. Juara 1 Dakwah dari kelas XII MIPA 4
3. Juara 1 MTQ dari kelas XI MIPA 4
Sebagai juara umum untuk kegiatan "Festival Muharram 1441 H" adalah kelas XI MIPA 1.

Pada kegiatan santunan Muharram yang ke-3 ini, Kepala SMA Negeri 4 Cibinong, Hj. Elis Nurhayati, S. Pd., didampingi Komite Sekolah, dan Muspika, menyetahkan santunan kepada anak-anak Yatim ( piatu ) dan Dhuafa. Beliau sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan ini. "Sudah selayaknya kita berbagi dengan sesama umat yang membutuhkan, dan dengan semangat berbagi ini, diharapkan akan tumbuh kesalehan sosial para peserta didik SMAN 4 Cibinong, sebagai generasi emas calon penerus bangsa ini, untuk memiliki kepekaan sosial dan rasa empati yang tinggi kepada mereka membutuhkan, yang saat ini tidak seberuntung kita. Dan saya sangat berharap, peserta didik dan kel. Besar SMAN 4 Cibinong akan semakin banyak bersyukur karena diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menyantuni anak yatim dan Dhuafa", lanjut  Elis. Terimakasih kepada Komite Sekolah, para orang tua/ wali, Guru-guru dan TAS, serta Panitia ROHIS SMAN 4 Cibinong yang telah bekerja keras dan mendukung kegiatan ini, sehingga tahun ini kami ada peningkatan dari tahun sebelumnya, dan dapat berbagi kepada 250 penerima santunan, dalam bentuk Paket Makanan dan Uang Santunan. Semoga Allah SWT melipatgandakan rezeki yang telah dikeluarkan untuk anak-anak yatim dan Dhuafa ini., pungkas Elis.

Dalam satu kesempatan, Ketua Panitia Festival Muharram 1441H, H. Maulana Rahman Firdaus, menyampaikan bahwa pada hari Jumat yang penuh keberkahan ini, sedang dilaksanakan Test Hafalan Al-Quran bagi Kelas Tahfidz Quran, oleh Pihak perwakilan MUI.

" Kami mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan MUI, Masyarakat, para orang tua peserta didik yang telah menduń∑ung kegiatan ini. "Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dari semuanya, orang tua dan pihak sekolah, ungkap Elan.

SMAN 4 Cibinong secara rutin melaksanakan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter PPK), seperti Sekolah Ramah Anak dengan penyambutan peserta didik dengan 5-S setiap pagi, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya,  Pembacaan Ayat Suci Al-Quran  dan Bimbingan Rohani atau Pembacaan al-Kitab ( bagi Non-Muslim ) setiap pagi, Sekolah Kewirausahaan, Pelaksanaan  Pendidikan karakter pada Program Sekolah Zonasi,  Kegiatan Literasi, dan Setoran Hafalan Al-Quran untuk 2 kelas Tahfidz Al-Quran.

"Semoga kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membangun akhlak mulia dan kesalehan sosial peserta didik ini, dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan, dan kebermanfaatannya dirasakan langsung oleh peserta didik yang kurang mampu dan masyarakat sekitar. Dan SMAN 4 Cibinong akan semakin berkah, sebagaimana tertuang dalam  motto sekolah, yaitu SMAFOUR MELESAT PENUH KEBERKAHAN...Aamiin YRA" , lanjut Elis mengakhiri percakapan dengan pihak media.(*)

Editor : Redaktur 
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan 
Komentar

Berita Terkini