HEADLINE

60-65% Kabupaten di NTT Masih Gelap, UNBK Pake Komputer Dikira Binatang?

/

Redaksi / Selasa, 26 Maret 2019 / 09:11 WIB

Sebarkan:
Foto Ilustrasi (dok : Oborkeadilan.com)

OBORKEADILAN.COM | Ujian Nasioanal Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah Sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Namun Pemerintah Pusat harus melihat lebih kedalam mengenai sekolah-sekolah yang belum ada energi Listrik. Kalau belum memiliki Energi Listrik bagaimana jadinya UNBK berlangsung.

Sesuai hasil pengamatan kami di lapangan,  NTT masih gelap mencapai 40% dan terlebih Kabupaten TTS mencapai 60-65% masih gelap bagaimana kita mau mengikuti UNBK dengan baik.

Hal ini dialami langsung Oleh DPRD Provinsi NTT Winston Neil Rondo dalam Kunjungan Kerjanya yang membidangi Komisi Pendidikan tingkat SMA/SMK se-Provinsi NTT ia mengatakan bahwa Pemerintah Pusat membuat aturan harus melihat sampai pinggiran dan kampung-kampung jangan melihat disekitaran kota saja.

Karena Kampung-kampung di Kabupaten TTS masih gelap gulita mencapai 60-65% bagaimana kita melakukan UNBK, Kota Kecamatan saja masih gelap apa lagi desa desa.

Siswa-siswi SMA/SMK mereka lihat Komputer saja bertanya benda apa ini  "binatang apa itu yang terletak di atas meja" apalagi mau mengoperasikannya itu akan jadi rusak dan ujian tidak akan mencapai tujuan yang diinginkan.

Guru SMK disalah satu sekolah di TTS yang tidak mau mediakan namanya ia mengatakan bahwa " Pak kami disini menikmati listrik yakni Embun dan kabut saja itulah listrik kami" ia menyampaikan dengan kusut muka yang penuh haru dan harapan. Hal ini disampaikan pekan lalu.

Lanjut Guru SMK ini,  pada malam hari kami menikmati bulan dan sambil membayangkan listrik kalau-kalau ada listrik pasti kami juga bisa menyelesaikan tugas sekolah pada malam hari.(Yulius Tamonob)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082230993121

KOMENTAR
TERKINI