HEADLINE

11 Mayat Berserakan Di Proyek ruas tol Depok-Antasari, Depok Jawa Barat

/

Redaksi / Minggu, 04 November 2018 / 10:48 WIB

Sebarkan:
Depok | Media Nasional Obor keadilan | Sebanyak 11 jasad ditemukan ketika sejumlah pekerja melakukan pemerataan tanah di area proyek Tol Depok-Antasari atau yang dikenal Tol Desari. Sontak, peristiwa yang terjadi di kawasan Jalan Haji Konim, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat ini membuat warga sekitar geger.

Data yang berhasil dilansir VIVA menyebutkan, peristiwa itu bermula ketika saat salah seorang pekerja yang melakukan pemerataan tanah menggunakan alat berat merasakan ada sebuah benda yang tersentuh pada Jumat, 2 November 2018.

Setelah dicek, benda mencurigakan itu ternyata adalah jasad yang dilapisi kain kafan. Diduga kuat, sejumlah jasad yang tak diketahui identitasnya itu tertinggal saat proses pemindahan makam beberapa waktu lalu.

Ya, lokasi proyek tol tersebut memang berada di sekitar lokasi pemakaman warga, tepatnya di TPU Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok. Salah satu panita pemindahan TPU Kumpi Saribah, Rahmat, mengatakan, 11 jenazah tersebut tertinggal karena sudah cukup lama dan tak ada batu nisan sebagai petanda.

"11 makam itu emang tidak ada tanda-tandanya, mungkin tertutupi oleh pohon-pohon bambu ya karena kan sebelumnya lokasi ini emang banyak pohon bambu jadinya tertimbun," katanya pada wartawan, Sabtu 3 November 2018.

Diperkirakan, 11 jasad tersebut telah berada ditempat itu sejak ratusan tahun yang lalu dengan kedalaman tiga meter.


"Kalau jasad yang dikubur 30 sampai 50 tahun lalu kita masih bisa deteksi karena ada ahli warisnya. Ini kemungkinan sudah ratusan tahun dan ahli warisnya pun sudah enggak ada," katanya

Yang mengejutkannya lagi, dari jasad yang ditemukan, ada yang masih tampak utuh. "Iya ada yang masih utuh satu. Tapi semua kami tidak tahu identitasnya. Jadi kami makamkan fullan bin fullan saja," ungkapnya.

Lebih lanjut Rahmat pun mengaku, Ia tidak dapat memastikan masih ada atau tidaknya jasad di bawah tanah proyek pembangunan tol itu.

Untuk diketahui, ada sebanyak 562 jasad yang telah dipindahkan dari lokasi proyek tol tersebut ke TPU baru yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari lokasi awal, dengan luas 1.617 meter persegi. (mus/Viva )


Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI