|

Pelayat Mengantri Selama 109 Jam Agar Bisa Melihat Peti Mati Ratu Elizabeth Ditutup

Media Nasional Obor Keadilan | Jakarta | Antrean panjang untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II ditutup pada Sabtu malam, 17 September 2022. Pada saat orang terakhir meninggalkan Westminster Hall pada pukul 6.30 pagi, Minggu, 18 September 2022, lebih dari 400.000 orang dengan setia menerjang penantian.

Dikutip dari The Sun, Senin (19/9/2022), puluhan ribu orang bertekad untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II bergabung Sabtu. Ini dilakukan meskipun ada peringatan mereka bisa berada di sana 14 jam.

Semuanya dimulai pada jam 5 sore pada Rabu, 14 September 2022. Meskipun pelayat pertama, Vanessa Nanthakumaran dari Harrow, London Barat Laut, memulainya pada Senin siang, 12 September 2022 di Lambeth Bridge sebelum titik awal resmi terungkap.

Pada Sabtu, 17 September 2022 sekitar 109 jam kemudian, "The Queue E2" -antrean yang telah membentang sejauh lima mil, dengan menunggu hingga 24 jam- tidak ada lagi. Para pejabat mengatakan mereka telah membiarkannya terbuka "selama mungkin" untuk memberi sebanyak mungkin orang kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal.

Di antara orang banyak yang tiba kemarin adalah mantan Staf Insinyur Kerajaan Sersan Craig Taylor-Hinds dan keluarga, dari Aylesford, Kent. Mereka naik kereta pukul 5 pagi untuk mencapai titik awal lebih awal di Southwark Park di London Tenggara.

Craig, yang mengenakan medali kampanyenya, bersama rekannya Tracie, anak-anaknya Evie, Ava, dan Henry, yang mengenakan seragam sekolah mereka. "Anak-anak ingin terlihat sepandai mungkin untuk Ratu," katanya.

"Ide yang muncul sebenarnya dari Henry, anak bungsu saya, saat kami menonton prosesi di awal minggu. Kami akan menunggu selama yang dibutuhkan," tambahnya.

Warga antre untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II selama Lying-in State di luar Westminster Hall, London, Inggris, 15 September 2022. Saat sampai di gedung persemayaman di Westminster Hall sebelah gedung Parlemen, pelayat harus melewati pemeriksaan keamanan ala bandara. (AP Photo/Nariman El-Mofty)

Penata rambut Claire Phillips juga bepergian dengan kereta pagi dengan anak-anaknya Florrie dan Maisie, dan temannya Ally Parks dengan putrinya yang berusia 13 tahun, Lexi. "Suami saya mengira kita semua gila, tetapi ini adalah momen sejarah yang akan kita semua ingat seumur hidup," kata Claire yang dari Bournemouth.

Florrie, yang memiliki sebungkus lolipop sherbert untuk membuatnya tetap berjalan, memegang tanda "Ratu Kami, Pahlawan Kami" buatan sendiri. Maisie terlihat membawa tanda "We Will Miss You" berencana melakukan peregangan untuk mengisi waktu.

Banyak orang dalam antrean membalur diri dengan selimut yang dibagikan oleh sekelompok kecil sukarelawan setelah malam yang sangat dingin. Semua memakai gelang yang memungkinkan mereka untuk bergabung kembali menunggu setelah mendapatkan makanan dan minuman atau menggunakan toilet.

Di antara orang banyak adalah Philomena Groome yang bergabung di belakang antrian setelah menarik diri pada Jumat. Dia berjalan pergi untuk membawa putranya ke universitas di Stoke-on-Trent setelah menunggu selama tujuh jam.

Keteguhan Warga

Perempuan meminum kopi di bar saat orang mengantre di luar untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II, yang terbaring di Westminster Hall, London pada 16 September 2022. Ratusan ribu orang diperkirakan akan memberikan penghormatan kepada ratu menjelang pemakaman kenegaraannya, mendorong permintaan kamar hotel di pusat kota London yang dalam beberapa kasus harganya naik dua kali lipat. (AP Photo/Christophe Ena)

Perawat, dari Surbiton, London Barat Daya menyebut, "Saya bisa saja bergabung di tempat saya drop out tetapi saya tidak ingin lompat antrean, jadi saya mulai lagi. Mereka mengatakan itu akan menjadi 14 jam kali ini."

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, kemarin memberikan penghormatan kepada ribuan orang yang berani mengantri. Dia berkata: "Ketika Anda melihat ribuan orang ini, perasaan saya yang luar biasa adalah kekaguman dan ketabahan untuk mengantri dalam cuaca dingin dan terus berjalan. Perasaan saya adalah salah satu kekaguman yang mendalam untuk antrian."

Sebuah sumber Pemerintah menyebut, "Tujuan keseluruhan adalah bahwa kami ingin sebanyak mungkin orang dapat memberikan penghormatan. Kami mengalami hari-hari yang sangat sibuk dan momen-momen sulit, tetapi pada hari Minggu segalanya berjalan sangat baik dan antriannya mengalami salah satu hari terbaiknya."

Sementara, sebelum kebaktian, bel tenor akan dibunyikan setiap 60 detik selama 96 menit, sesuai dengan tahun hidup Ratu Elizabeth II. Terungkap peti mati Ratu akan dibawa dengan Kereta Senjata dari Westminster Hall yang akan berangkat pukul 10.44 pagi waktu setempat setelah Lying-in-State di sana selama empat hari.

Prosesi akan dipimpin oleh Raja Charles dan Permaisuri Camilla serta diikuti oleh bangsawan senior. Peti mati Ratu Elizabeth II akan tiba di gerbang barat Westminster Abbey pukul 10.52. Pasukan pembawa akan membawa peti mati ke Abbey, lokasi yang juga merupakan tempat pernikahan Ratu pada 1947 dan penobatannya enam tahun kemudian.

Prosesi Pemakaman

Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangern William dan Pangeran Harry berjaga-jaga di sekitar peti mati sang nenek di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakaman Ratu pada Senin, 19 September 2022. (AARON CHOWN / POOL / AFP)

Prosesi 84-strong kemudian akan mengikuti peti mati di dalam, termasuk pembawa bendera, pengusung jenazah, pemimpin agama dan 18 anggota keluarga Ratu. Raja dan Permaisuri akan berjalan tepat di belakang peti mati.

Mereka akan diikuti oleh Putri Anne, suaminya Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, Pangeran Andrew, dan Earl dan Countess of Wessex. Anggota keluarga lain yang tidak berada dalam prosesi pertama -termasuk George dan Charlotte- kemudian akan bergabung di pintu Abbey.

Charlotte akan berjalan di belakang ibunya dan di depan Meghan. Di sisi kanan Charlotte adalah George yang akan berada di belakang ayahnya dan di depan pamannya Harry.

Seluruh upacara pemakaman akan ditayangkan secara langsung di televisi kepada sekitar empat miliar orang di seluruh dunia. 2.000 pelayat di dalamnya termasuk kepala negara, bangsawan asing dan hampir 200 pekerja kunci dan sukarelawan.

Mereka telah diminta untuk tidak mengambil foto atau video sementara aturan berpakaian baru yang santai memungkinkan perempuan untuk mengenakan setelan celana panjang. Mereka yang bertugas di Angkatan Bersenjata diharuskan mengenakan seragam upacara, dengan pita berkabung, tetapi tidak boleh membawa pedang.

Harry dan Andrew tidak dapat mengenakan seragam militer setelah gelar mereka dilucuti. Layanan ini akan dimulai pada 11 pagi waktu setempat. Prosesi akan dipimpin oleh Pendeta David Hoyle, Pejabat Tinggi Gereja Westminster.(*****)

Komentar

Berita Terkini