|

MENGENALI VIRUS DAN BAKTERI

Penulis: Raul Nanda Parluhutan Harahap 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN| Senin (10/08-2020), Memperlakukan virus itu tidak sama dengan memperlakukan bakteri alias kuman, meski kedua-duanya sama-sama mikroorganisme yang bisa membuat kita sakit, tapi mereka mempunyai karakter yang berbeda.

Bedanya virus dengan bakteri 

1. Bisa dibedakan dari ukurannya

Bakteri adalah makhluk hidup bersel yang ukurannya sangat kecil,kalau tidak pakai mikroskop tidak bakalan keliatan bentuknya. 
Nah, sedangkan virus ukurannya jauh lebih kecil lagi, bahkan bisa sampai 100 x lebih kecil dari bakteri, sangkin kecilnya virus, bakteri juga bisa terinfeksi sama virus. 

2. Dibedakan dari struktur tubuh dan aktivitasnya.

Bakteri adalah sel hidup yang mempunyai organel lengkap, sehingga bisa beraktifitas sendiri dan berkembangbiak dengan membelah diri, sedangkan virus hanya punya komponen genetiknya saja. Kalian pasti pernah dengar istilah DNA, yaitu asam nukleat yang menurunkan sifat makhluk hidup.

Nah, untuk bisa berkembangbiak virus butuh sel hidup agar DNA atau RNA bisa digandakan jadi virus baru yang lebih banyak, tanpa adanya sel hidup, virus hanyalah benda mati biasa yang tersebar dimana-mana. Dan mampu bertahan cukup lama, sampai dia menemukan sel inang baru untuk berkembangbiak lagi.

3. Dan ketiga , karena karakternya berbeda

Maka cara mengatasiya sudah pasti beda, Bakteri sebetulnya bisa dibasmi sendiri oleh sistem imun tubuh kita, tapi kalau infeksinya sudah parah, kitabutuh bantuan antibiotic untuk melawannya. Penggunaan antibiotic ini, sebaiknya harus sesuai resep dokter yaa, soalnya tidak cuma bakteri jahat saja yang bakalan KO dengan antibiotic, bakteri baik yang ada diusus kita pun bisa ikut mati.

Beda dengan virus, berhubung dia benda mati yang sulit dikenali imun kita, maka kita butuh vaksinasi dengan memasukkan virus sejenis yang sudah dilemahkan, supaya sistem imun ditubuh kita bisa aktif mengenali melawan virus,

Iaaa,cuma sistem imun kita sendiri yang secara alami membasmi virus, sayangnya ada banyak jenis virus yang sampai sekarang belum ditemukan vaksinnya,termasuk virus corona, tapi teman teman jangan panik dan khawatir yaa,, Karena saat daya tahan tubuh kita bagus,virus tidak akan berkutik , jadi jaga terus kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat dan jangan lupa jaga kebersihan yaaaa,, [◇]

Salam dari saya
Raul Nanda Parluhutan Harahap 
Nim : 0704172046
KELOMPOK : KKN DR 06 UINSU
DPL : Nurliana Damanik MA.
Prodi : Biologi
Universitas : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
Komentar

Berita Terkini