|

Ilegal Loging Marak, BBKSDA Musnahkan 10 Sarang Pembalak Liar di SM Giam Siak Kecil-Riau

Foto : temuan kayu hasil ilegal loging yang dimusnahkan tim Patroli BBKSDA Riau di kawasan SM Giam Siak Kecil.
OBOR KEADILAN.COM| Pekanbaru - Riau | Jum'at, 13 Maret 2020 | Sejak Senin kemarin (9/3) sampai dengan Rabu (11/3), Bidang KSDA Wilayah 2 Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan patroli (terestial) SMART RBM di kawasan SM Giam Siak Kecil.

Kegiatan Tersebut Diperintahkan oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono, dan dipimpin Oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah 2 Heru Sutmantoro, Tim mulai bergerak menuju sasaran pada hari Senin (9/3), Sekitar pukul 08.00 wib, yang berada di sekitar Desa Tuah Indrapura, kecamatan Bunga Raya,Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Video ; wawancara Kepala Bidang Wil 2 KSDA Riau, Heru Sumantoro.
Sebagaimana dijelaskan oleh Kasubang Kehumasan BBKSDA Riau, Dian Indriati. kepada awak media pada Jum'at (13/3) Tim mendapatkan 3 gerobak beserta 2 sepeda motor yang digunakan pelaku untuk mengangkut kayu olahan.

Tim melanjutkan perjalanan ke kawasan SM. Giam Siak Kecil melalui akses PT. BKM. Dilokasi tersebut Tim menemukan akses ilegalloging berupa jalur sepeda. Setelah dilakukan penelusuran akses ilegalloging sejauh sekitaran 19 km, akhirnya Tim menemukan camp pelaku pembalakan liar sebanyak 10 pondok dilokasi yang berbeda, 10 kubik kayu olahan, 12 sepeda cargo/angkut kayu olahan, dan 1 unit mesin chainsaw yang diduga digunakan oleh para pelaku perambah Hutan untuk menebang dan membelah kayu. Sedangkan para pelaku Berhasil melarikan diri.

Berikut Video terkait:
Selanjutnya tim segera melakukan pemusnahan kayu olahan, membakar pondok dan sepeda cargo. Setelah sebelumnya memastikan lokasi aman untuk melakukan pembakaran dengan tanah lembab dan Tim pun menunggu sampai api benar benar padam dan aman untuk ditinggalkan, Sementara Mesin chainshaw yang ditemukan, Tim mengaman mesin pemotong Kayu tersebut dengan membawanya ke kantor Bidang II KSDA di Siak. Jelas Dian.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Bidang KSDA BBKSDA Riau Heru Sutmantoro saat ditanyakan proses kelanjutan temuan tersebut, dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut memang pernah ada beberapa waktu lalu dan selanjutnya terhenti lalu sekarang mulai muncul lagi, untuk kedepnnya kita akan melakukan pengetatan pengamanan baik dalam bentuk patroli rutin dan juga meningkatkan Informan di kalangan masyarakat, ucap Heru. (*)

Ricky. P ( Kaperwil Riau )
Komentar

Berita Terkini