|

Rektor Import, Dr Titik Haryati : Apakah Paham Falsafah Pancasila?

Dr. Titik Haryanti, M.Pd. (Pakar Pendidikan & Dosen UHAMKA)

OBORKEADILAN.COM | Jakarta. Rencana import rektor yang dilakukan oleh Menristekdikti ( M. Nasir) mendapat respon pro dan kontra dari berbagai kalangan. Salah satunya dari pakar pendidikan Dr. Titik Haryanti, M.Pd.

Menurut dosen UHAMKA ini, sistem manaiemen dalam pendidikan tinggi itu bukan hanya dilihat dari figur rektornya saja, Karena rektor ini lah yang akan membuat kebijakan-kebijakan dalam perguruan tinggi.
" Dalam mencetak Sumber daya manusia itu harus berdasarkan pancasila.Tentu pimpinan harus paham tentang pancasila"  ujarnya. Karena pancasila adalah falsah dalam benegara. Jika rektor asing apakah ada jaminan memiliki nilai dan jiwa pancasila? Tambahnya.

Titik juga mengatakan, " Dalam mencetak  SDM yang berkualitas tidak hanya cukup berprestasi. Pencapaian hasil pendidikan tidak hanya pengetahuan saja namun juga melihat aspek afektif dan psikomotorik."
Banyak Doktor di Indonesia kurang di fasilitasi untuk studi banding ke Dalam maupun luar negeri, serta  kurang didukung dan diberi peluang untuk menjadi guru besar.

Titik berharap, harus ada riset dan jaminan bahwa rektor import mampu mencetak SDM mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga dalam hal afektif dan berjiwa nasionalis yang cinta NKRI.


Penulis : Fratama S.
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini