|

Hari ke 3 Sistem Verifikasi PPDB SMAN 1 Cibinong-Bogor Error

Foto: SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Bogor | Hari ke tiga pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru, ( PPDB ), SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, sistem Jaringan Server pusat PPDB Jawa Barat mengalami Error, sehingga membuat pelaksanaan input/entri data verifikasi Penerimaan Siswa PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor menjadi terganggu, akibatnya untuk melakukan input data verifikasi peserta PPDB dari SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor ke server pusat atau ke website PPDB Dinas Pendidikan Jawa Barat harus tertunda. 

Menurut Jaelani salah satu tim IT PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, gangguan sistem server error jaringan server ini sudah mulai terjadi dari pagi, dimana saat operator panitia PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, akan menginput data untuk verifikasi tanggal lahir salah satu calon pendaftar PPDB, misalnya di input data calon verifikasi tanggal lahirnya 5 maret, tapi setelah di entri maka hasil yang dibaca di sistem, tanggal lahir siswa murid PPDB tsb, hasilnya jadi berubah yang mana tanggal lahir berkurang 1, menjadi tanggal 4 maret, dan ini semuanya terjadi pada calon siswa PPDB dari 5 meja tim verifikasi PPDB yang sedang bekerja saat itu.

Dan tidak hanya sampai disitu pada jam 10.30 wib, panitia verifikasi PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, juga mengalami kendala, dimana saat data verifikasi siswa murid PPDB di entri, yang terjadi dimana proses loading sangat lama / lemot sekali, sehingga untuk menunggu hasil sukses untuk terbaca di sistem sangatlah membutuhkan waktu yang sangat lama.

Masih menurut Jaelani Tim IT SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, dimana jam 14.30 wib, terjadi sistem error server jaringan yang paling parah, dimana saat input hasil verikasi siswa murid PPDB, tidak bisa di edit setelah di entri maupun juga di save / di simpan, sebelum hasil data verifikasi yang akan di input akan di entri ke sistem, sehingga para anggota tim verifikasi SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, meminta kepada orang tua siswa untuk menunggu sampai jam 15.30 wib, sekaligus untuk mendapatkan konfirmasi penjelasan dari PPDB pusat jawa barat, jam berapa server jaringan akan normal kembali, tapi sampai jam 16.00 wib, server jaringan sistem masih tetap error dan menurut informasi yang beredar di group whattsapp tim verifikasi SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, bahwa error jaringan sistem juga terjadi di beberapa sekolah lain di beberapa wilayah Kab. Bogor, namun anehnya, PPDB pusat yakni Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui website PPDB Jawa Barat sama sekali tidak ada pemberitahuan atas errornya sistem jaringan yang terjadi di beberapa sekolah Kab. Bogor, sehingga para tim verifikasi SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor meminta kepada orang tua murid PPDB untuk kembali besok untuk melakukan verifikasi data.

Akibat dari masalah kasus error server jaringan sistem di hari ketiga ini, Humas PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor," Dra. Heti Widiastuti mengatakan, dihari ketiga pendaftaran verifikasi, target yang semula direncanakan untuk diselesaikan verifikasinya adalah sebanyak 200 siswa dalam 1 hari, namun akibat error server sistem jaringan, akhirnya tadi masih ada siswa PPDB yang mau di verifikasi yakni sebanyak 41 siswa murid yang tidak bisa di selesaikan hari ini, sehingga besok dihari ke empat kami para tim verifikasi harus kerja double, karena 41 siswa yang belum terverifikasi akan ditambah 200 siswa lagi, yang mana besok jadwal verifikasinya," ucap Dra. Heti Widiastuti Humas PPDB SMA Negeri Cibinong 1.

Akibat masalah error sistem jaringan ini, membuat para orang tua siswa murid PPDB SMA Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor, merasa sangat kecewa dengan tidak siapnya penyelenggara PPDB pusat Jawa Barat, karena merasa mereka sudah datang dari pagi dan menunggu sampai sore, tapi akhirnya gagal untuk mendaftar verifikasi data anaknya. (Hotma Lingga Tampubolon)

Editor :Redaktur
Penanggung Jawab Berita :Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini