|

Miris, Sontan Siagian Terpasung 8 Tahun Sejak Ayahnya Meninggal dunia


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | TOBASA | Warga Dusun Simaracan, Desa Bonandolok Dua, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Provinsi Sumatra Utara(Sumut) ini selama 8 tahun dipasung karena sering mengganggu warga lainnya.
"Terpaksa kami pasung karena sakit yang diderita, berupa sakit jiwa dan sering membuat masalah mengganggu warga lainnya dengan kata kata kotor, " ujar Ibu terpasung, Mintaria Siahaan, Senin (26/11/2018), di Bonandolok, Balige.

Dia mengatakan, anak buah hatinya bernama Sontan Siagian. Sakit gangguan jiwa anaknya itu makin parah sejak ayahnya meninggal. Sering membuat onar atau mengganggu warga lain.

"Kami juga tidak bisa berbuat apa-apa. Pengobatan sudah kami serahkan kepada pihak puskesmas. Apa yang disarankan itu yang kami lakukan," sebutnya.

Anggota DPRD, Bulan Siahaan saat meninjau warga yang dipasung selama 8 tahun itu memberikan harapan bahwa sakit penyakit yang membuat Sontan Siagian masih bisa disembuhkan melalui pengobatan.

"Bukan mendahulukan keluarga, sebagai anggota dewan yang mendapat informasi akan berupaya membawa penderita ke dokter," kata Bulan.

Bulan juga berjanji apabila Sontan sembuh dari penyakitnya, ia bersedia membantu pernikahannya yang tertunda.

Kepala Dinas Kesehatan Tobasa, Juliawan Hutapea mengharapkan agar pasung yang dibuat keluarga supaya dibuka atau dilepas, karena Sontan sudah dalam penanganan kesehatan.

"Sebenarnya penderita sudah pernah mendapat pelayanan dari dinas, tetapi karena informasi tidak berlanjut sehingga dinas tidak pernah lagi ke tempat tinggal sekarang," ujar Juliawan.(Frengki)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini