|

Keluarga Besar Korem 044/Gapo Latihan Tari Gemu Famire, Target Pecahkan Rekor MURI

Foto : Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 044/Gapo PD II Sriwijaya dan para prajurit serta PNS jajaran Korem 044/Gapo mengikuti latihan Tari Gemu Famire. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | PALEMBANG | Bertempat di lapangan apel Markas Korem 044/Gapo Palembang, ratusan Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 044/Gapo PD II Sriwijaya dan para prajurit serta PNS jajaran Korem 044/Gapo mengikuti latihan Tari Gemu Famire untuk mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Tari Gemu Famire secara kolosal dalam rangka HUT TNI ke-73 yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 4 September nanti, Kamis pagi (30/8/2018).

Kepala Seksi Personel (Kasipers) Korem 044/Gapo Letkol Inf Prabowo saat di temui mengatakan, latihan ini dilaksanakan untuk memantapkan gerakan-gerakan Tari Gemu Famire yang sudah dilatihkan beberapa hari terakhir, dan besok (Jumat 31/8) akan melaksanakan latihan secara terpusat bersama-sama dengan personel satuan lain se-Garnizun Palembang di lapangan Jasdam II/Sriwijaya Jln. H. Burlian KM.9 Palembang.

“Untuk pelaksanaannya akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 4 September 2018 mendatang, untuk Korem 044/Gapo sendiri sudah latihan sejak 24 Agustus silam, dan hari ini puncak latihan di Makorem dan selanjutnya besok akan latihan bersama-sama dengan satuan lain se-Garnizun Palembang di lapangan Jasdam,” terang Kasipers.

Selain itu, Kasipers juga menjelaskan, bahwa Tarian Gemu Famire merupakan tarian yang berasal dari Flores Nusa Tenggara Timur, disini tariannya ada sedikit perubahan pada gerakannya. Lagu Gemu Famire yang memiliki syair dan irama musik sederhana ini sebenarnya telah banyak dikenal oleh masyarakat dan menjadi fenomena tersendiri sejak tahun 2012 khususnya di instansi TNI maupun di instansi lainnya.

“Gerakan tarian ini simple, namun bisa mengajak orang yang mendengarnya menjadi ikut bergoyang. Selain itu tarian Gemu Famire dapat menjaga kebugaran, dan kesehatan tubuh serta dapat dijadikan sebagai hiburan bagi yang melaksanakan dan melihatnya karena gerakanya sangat mudah untuk diikuti,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Seksi Kebudayaan Persit KCK Koorcabrem 044/Gapo Ny. Yuli Ikhsan yang hadir mengikuti latihan tarian tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan Tari Gemu Famire ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Ibu-ibu Persit dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan demo Tari Gemu Famire dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 wilayah Korem 044/Gapo.

“Tarian ini merupakan salah satu budaya atau tarian asli Indonesia yakni dari Maumere Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diciptakan oleh Frans Cornelis Dian Bunda atau dikenal dengan Nyong Franco. Gerakan sangat sederhana dan simpel tapi sangat menghibur selain itu bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut seluruh anggota dan Ibu Persit KCK Koorcab Rem 044 Gapo melaksanakan gerakan Tari Gemu Famire tampak bersemangat dan antusias saat mengikuti latihan tersebut.


Reporter : Nopri

Editor : Redaktur

Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini