HEADLINE

Pemerintah Manggarai Barat Lakukan Penyegaran dan Pergeseran Eselon II dan III

/

Redaksi / Sabtu, 09 Juni 2018 / 10:42 WIB

Sebarkan:
Foto : Acara Pelantikan Esekon II dan III bertempat di Aula utama kantor Bupati Mabar.

Labuan Bajo NTT | Media Nasional Oborkeadilan.com - Jumat (08/06), Sebanyak 10 pejabat Eselon II dan 4 Pejabat Eselon III  dilantik Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula di Aula  Utama  Kantor Bupati Manggarai Barat, Kamis (07/06) kemarin.

Bupati Dulla dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyegaran ini diharapkan menjadi langkah maju bagi birokrasi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat kedepannya.

"Bagi saudara-saudara yang dilantik hari ini, ada beberapa hal yang perlu dan penting yang harus saya sampaikan bahwa saudara-saudara harus peka dan responsive terhadap dinamika perubahan yang terjadi dan juga harus mampu mengantisipasi dan memberikan jalan keluar terhadap berbagai hal yang mengganggu kinerja Pemerintah Daerah.

Dulla meminta agar tugas Kedinasan harus dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas."pintanya,dirinya menghimbau,
Kepada para pejabat yang dilantik jangan sampai membawa persoalan yang baru dan memangku jabatan harus dijaga dengan baik dan harus bisa merespon harapan dan keinginan masyarakat Manggarai Barat secara cepat, tepat dan baik, ucapnya,

Lebih jauh,  Bupati dua periode ini mengatakan harus ada komunikasi dengan Bupati ketika ada inovasi atau terobosan baru. Apakah melalui WA atau bertemu langsung.

Saya sebagai Bupati sangat merindukan inovasi atau terobosan yang baru untuk kemajuan Kabupaten Manggarai Barat"pintanya.

Menurut Bupati pelantikan hari ini berbeda dengan pelantikan sebelumnya dimana Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, semuanya hasil seleksi terbuka, namun kali ini dari 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 9 orang diantaranya merupakan jabatan pimpinan tinggi yang dirotasi dan 1 orang merupakan hasil seleksi terbuka. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN,"katanya,

Dijelaskannya, bahwa, tentang Jabatan Pimpinan Tinggi saat ini, lama masa jabatan telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dimana dalam peraturan pemerintah nomor  11 tahun 2017 tentang manajemen PNS pasal 133 mrngamanatkan bahwa jabatan hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun.

Dilanjutkannya terkait masa jabatan bisa diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi,dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan PPK dan berkoordinasi dengan Komisi ASN. ketentuan inilah yang berbeda dengan aturan sebelumnya"terang Dulla.

Selain itu, Bupati Dulla berharap, agar pelantikan kali ini hendaknya dimaknai sebagai sebuah kebutuhan dan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri, dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur ke arah tercapainya sumber daya yang handal dan profesional dalam menjalankan tugas pemerintahan dan aktivitas pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan menuju pencapaian masyarakat Manggarai Barat yang ramah, maju dan sejahtera saat ini dan dimasa mendatang.

Adapun dari para pejabat yang dilantik antara lain: Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 10 orang yaitu Agustinus Hama, SH dari asisten III ke Asisten I, Drs. Benediktus Banu dari asisten I  ke Asisten III, Ir. Dominikus Damsut dari Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM menjadi Kadis Kominfo, Dominikus Yakel, SH dari Staf Ahli bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan menjadi Kadis Perindagkop, Paulinus Pangul, SH dari Sekwan DPRD menjadi Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Danggur Gayetanus, SP dari Kadis Perhubungan menjadi Staf Ahli, Drs. Yohanes Usman dari Kadis Lingkungan Hidup menjadi Staf Ahli, Drs. Fransiskus Sodo dari Kaban pengelola Keuangan Daerah menjadi Kepala Bapeda, Drs. Aleksius Sariono, M.Si dari Kepala Bapeda menjadi Sekwan DPRD, Drs. Bernardus Dandur, M.Si dari Sekertaris BKD menjadi Kadis PPO.

Sedangkan untuk jabatan administrator yang dilantik antara lain Ngita Putra Lando B, ST dari kabid Tata Laksana Teknik di Dinas PUPR menjadi Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR, Zulfikar, ST dari Kasie Penyehatan Lingkungan pada Dinas Perumahan Rakyat, kawasan pemukiman dan pertanahan menjadi Kabid Tata Laksana Teknik pada Dinas PUPR, stefanus Fery Budiyanto, ST dari Kabid Sumber Daya Air menjadi Staf Pada Dinas PUPR Mabar. (AJW)

Editor : Louis Mindjo
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI