|

Pangdam kunjungi lokasi sumur minyak yang terbakar

OBORKEADILAN.COM | ACEH TIMUR – Panglima Kodam  Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH, S.I.P, MH meninjau lokasi kebakaran sumur minyak ilegal tepatnya di desa Pasir Putih, kecamatan Ranto Peurelak, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (26/4/2018).

Dalam peninjauan tersebut  Pangdam IM mengatakan, “Rasa prihatin dan turut berbela sungkawa atas musibah meledaknya sumur minyak yang sudah menelan 22  korban jiwa dan 37 penderita luka bakar tersebut. Dalam peninjauan tersebut, Pangdam melihat langsung di sepanjang rumah yang dilalui menuju Posko Pengendalian Bencana Kebakaran masih terlihat pipa-pipa yang diduga digunakan untuk Pengeboran minyak tersusun rapi hampir disetiap halaman rumah warga,”katanya.
Lanjutnya ,”Masyarakat  disini berarti hampir semua bergantung hidupnya dengan melakukan pengeboran minyak ilegal dan sudah berlangsung sejak lama, padahal masyarakat masih banyak pekerjaan yang lain yang dapat dilakukan untuk memenuhi kehidupan keluwarganya,” ujarnya.
Pangdam juga meminta pihak keperintahan harus bekerja ekstra upaya untuk pencegahan pengeboran minyak illegal, supaya tidak terjadi lagi hal yang serupa.

Pangdam juga meminta aparat kepolisian untuk mengusut tuntas maslaha ini, jika ada aparat TNI terlibat dalam segara melaporkan kepada saya untuk dilakukan hukum secara militer. Begitu juga sebaliknya, jika ada aparat Polri maupun Anggota Pemerintahan yang terlibat didalamnya agar disesuaikan dengan proses hukum yang berlaku.

Selanjutnya Pangdam meminta kepada aparat Kepolisian agar mengusut tuntas masalah ini, jika ada aparat TNI yang ikut terlibat segera laporkan ke saya untuk dilakukan proses hukum secara militer. Begitu juga sebaliknya, jika ada aparat Polri maupun Anggota Pemerintahan yang terlibat didalamnya agar disesuaikan dengan proses hukum yang berlaku.

Dalam peninjauan tersebut Pangdam IM didampingi, Asintel Kasdam IM Kolonel Inf Hendriyadi, Asops Kolonel Inf  Bambang Sujarwo, Aster Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, SIP, M.Si, Wadanyonif RK 111/KB Mayor Inf Guruh Fahmi.[ Muhammad Furqan ]

Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini