HEADLINE

Tim Pamatwil Mabes Polri Dalam Rangka Asistensi Pilkada Tahun 2018, Kunjungi Polresta Pekanbaru.

/

Redaksi / Kamis, 01 Februari 2018 / 13:46 WIB

Sebarkan:

 Ket Gambar : pengawasan dan monitoring tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018.

Media Nasional Obor Keadilan | PEKANBARU | Polresta Pekanbaru mendapat kunjungan dari Tim Pamatwil Mabes Polri Asistensi Pilkada Serentak Tahun 2018, dalam rangka pengawasan dan monitoring tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018. Kamis pagi  (1/2/2018) sekitar pukul 10.00 Wib.

Kedatangan Tim Asistensi disambut langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, S.I.K., S.H., M.H., dan juga di dampingi oleh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata, S.I.K., Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Kurnia Setyawan, S.I.K., Para Pejabat Utama, Para Kapolsek Jajaran Polresta Pekanbaru.

Tim Pamatwil Mabes Polri Asistensi Pilkada 2018 dipimpin oleh Irjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan, S.H., M.H. dan didampingi oleh Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Supriyanto, Kabag Renops Robinops Sops Polri Kombes Pol Drs. Edy Setio Budi Santoso, Anjak Madya Pada Baharkam Polri Kombes Pol Drs. Gatot Tri Siryanta, M.Si, Kasubbagrenmin Korlantas Polri AKBP Dedi Rahman Dayan, SIK, M.Si, serta didampingi oleh Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Drs. Rachmat Widodo, Dir Sabhara Kombes Pol Drs. Zulkifli, Dir Pam Obvit Kombes Pol Drs. Hisbullah dan AKBP Mompang Harahap.

Kegiatan di Aula Kiambang Mapolresta Pekanbaru diawali kata sambutan dari Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, S.I.K., S.H., M.H., melaporkan giat pelaksanaan pengamanan dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 di Polresta Pekanbaru.

"Dalam rangka Ops Mantap Praja Muara Takus 2018, sebanyak 708 personil Polresta Pekanbaru, di back up oleh personil Brimob dan Polda Riau, melaksanakan pengamanan 1.798 TPS dari 83 kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru," ungkap Kombes Pol Susanto, S.I.K., S.H., M.H.

Potensi TPS yang rawan pengalaman pemilihan Walikota Pekanbaru yang lalu telah membuktikan, dimana memerlukan sarana angkutan dan pengamanan yang lebih untuk pengamanan TPS yang jaraknya jauh dekat perbatasan Kota Pekanbaru. Kemudian disiapkan pengamanan untuk TPS di Sialang bungkuk dan LP Gobah serta pengamanan TPS berjalan di Rumah Sakit yang ada di Kota Pekanbaru.

Polresta Pekanbaru telah melakukan upaya-upaya dalam rangka pengamanan Pilgub Riau Tahun 2018, diantaranya rapat internal, rapat eksternal lintas sektoral Ops Mantap Praja Muara Takus 2018. Pelaksanaan Sosialisai Netralitas Polri, pelaksanaan Lat Pra Ops dan Latihan Sispamkota bersama Polda Riau serta instansi terkait .

Kegiatan Satgas Nusantara dalam rangka Harkamtibmas, Polresta Pekanbaru juga melaksanakan cipta kondisi dan kgiatan yang berkaitan situasi dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Selain itu Polresta Pekanbaru  melaksanakan Apel Kesiapan Sarana dan Prasarana peralatan dinas Polri, mulai dari Kendaraan dinas maupun alsus mendukung dalam rangka pelaksanaan Pilkada Tahun 2018.

Kapolresta Pekanbaru juga mengenalkan aplikasi Zapin Polresta Pekanbaru. Yang dibuat Polresta Pekanbaru diawal tahun 2017. Salah satu item Polresta Pekanbaru bisa memenangkan Juara satu Polmas se- Indonesia. Para Bhabinkamtibmas bisa menampilkan kegiatan dimasyarakat melalui aplikasi Zapin Polresta Pekanbaru.

Disamping aplikasi Zapin Polresta Pekanbaru telah meningkatkan pelayanan publik seperti membuat aplikasi e-Police dan aplikasi e-Tactical floor game, yang didalamnya berisi fitur kejadian, pengaduan, maupun  kegiatan dan tombol Panic Button. Polresta Pekanbaru mencoba mengupgrade bentuk pelayanan publik dengan berbasis IT, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan cepat dan mudah

Ketua Tim Pamatwil Mabes Polri Irjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan memberi arahan kepada pejabat Operasi dan anggota Posko Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 Polresta Pekanbaru. Tugas Polri untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif proses demokrasi Pilkada serentak Tahun 2018. Cari kegiatan yang bersifat humanis, yang terkait langsung dengan Tupoksi Kepolisian.

Ketua Tim Pamatwil Mabes Polri  mengatakan "Persiapan pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang telah dilaksanakan Polresta Pekanbaru, Kita nilai sudah bagus dalam menjaga Kondisi Kondusif selama proses Pelaksanaan Pemilihan Pilkada Serentak 2018," Ungkap Irjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan.

"Kita tidak boleh under astimad ketika menggerakkan personil di lapangan agar bisa terukur. Keterampilan personil harus tetap dilatihkan, agar punya Visi dan ukuran yang sama dalam bertindak di lapangan. Karena dengan latihan yang dilaksanakan akan kelihatan kekurangan apa yang harus kita perbuat. Kita harus profesional dan proporsional dalam melaksanakan kegiatan Pengamanan Pilkada 2018 dibawah kendali Kapolresta Pekanbaru," tambah Irjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan.

Perdayakan Bhabinkamtibmas untuk memapping kerawanan di TPS, yang tahu betul Bhabinkamtibmas. Hasil mapping tidak bersifat statis hasilnya dinamis, ketika proses berjalan pasti akan ada implikasi setiap tahap pada satu daerah. Harus di update kerawanan yang ada di TPS dan bisa juga mengacu pada kejadian sebelumnya yang ada di TPS tersebut. Ketua Team juga menambahkan bahwa upaya deteksi tersebut adalah dengan mengoptimalkan deteksi konflik.

Irjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan menegaskan Jaga betul Netralitas Polri, kalau salah satu anggota Polri memihak akan Viral. Karena dapat menghambat tugas kita dalam melaksanakan pengamanan. Publictrust Kepercayaan  masyarakat akan kurang, sangat penting menjaga Netralitas Polri dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2018. Tingkatkan Sinergitas dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan Pilkada Tahun 2018.

Selesai memberi arahan Team mengecek panel data Posko Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 di ruang Command Center Polresta Pekanbaru. Ketua Team memberikan arahan kepada personil Posko Ops Mantap Praja Muara Takus Polresta Pekanbaru tentang kesiapan dalam menghadapi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018.[yuni]

Editor :Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI