HEADLINE

Nias Diguncang Gempa Bumi

/

Redaksi / Sabtu, 09 Desember 2017 / 23:00 WIB

Sebarkan:
Foto : Ilustrasi (istimewa)

Nias | Sumatera Utara | Media Nasional Obor Keadilan | Gempa bumi kembali mengayun Nias, Sabtu (9/12) pukul 10.19 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Edison Kurniawan menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M=4,2. Koordinat episenter pada 0,92 LU dan 97,14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 39 km arah Barat daya Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

“Dampak gempa bumi yang didasarkan kepada laporan masyarakat menunjukkan wilayah Gunung Sitoli dan Gido mengalami goyangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI. Gempa bumi ini hanya tercatat oleh alat dan hanya beberapa orang saja yang merasakannya,” kata Edison.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan jenis gempa bumi tektonik yang disebabkan subduksi lempeng Indo-australia terhadap lempeng Eurasia.

Hingga pukul 11.11 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. (LS)

Editor : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI