|

Tidak Punya JKN-KIS Warga Miskin di Tapsel Tak Bisa Berobat , Rumahnya pun belum di Aliri Listrik

Foto : Jalaluddin Harahap bersama Ucok (anaknya), yang tergeletak lemah karena sakit. 

TAPSEL I Media Nasional Obor Keadilan I Selasa ( 07 / 11 / 2017 ). Sungguh malang nasib Ucok anak dari Jalaluddin Harahap (36) warga Kampung Panompuan Tonga Desa Panompuan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, yang harus menahan sakitnya tanpa mendapat perawatan kesehatan dikarenakan dia dari golongan ekonomi lemah.

Selama ini keluarga Jalaluddin hanya mengandalkan hidup dari hasil pertanian yang tidak seberapa, sehingga tak mampu untuk ikuti program JKN-KIS jika harus dibebani iuran sebab masih tergolong keluarga miskin yang seharusnya menjadi prioritas perhatian baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Jalaaluddin sekeluarga sehari-hari tinggal dirumah kecil berdindingkan papan sampingan dan tidak sedikit yang hanya ditutupi dengan triplek. Hanya cukup untuk berlindung dari panas dan hujan, namun tidak ada tersentuh instalasi listrik.

“Mereka memang benar-benar keluarga miskin, jadi tak sanggup untuk membawa anaknya berobat  medis, sementara Rumah Sakit tidak mau menerima pasien miskin yang tidak ada jaminannya (JKN-KIS),” ujar Kepaala Desa Panompuan Aminur Rasyid Harahap, S.Pd.I kepada awak media. Senin (06/11) kemarin.

Namun demikian, dia berencana akan mencoba membuat surat keterangan tidak mampu dari desa untuk diteruskan Camat, Pendamping Kecamatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, maupun BPJS Kesehatan. Dengan tujuan agar anaknya bisa berobat medis di Rumah Sakit. (sabar).
Komentar

Berita Terkini