HEADLINE

ASMAT PAPUA BUTUH ORANG YANG MAU TINGGAL BUKAN HANYA DATANG BUAT DOKUMENTASI PENCITRAAN LALU PERGI

Redaksi/Sabtu, 10 Februari 2018/21:40 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar : Saat Kasrem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Kav. Ketut Adi Suasta Putra, Bersama tim yg baru datang yakni Unhas beserta tim dan Rumah Zakat pada rapat evaluasi pendampingan.

Asmat | Media Nasional Obor Keadilan |Dalam pemberian pelayanan kesehatan dan lainnya kepada masyarakat di Kabupaten Asmat masih membutuhkan banyak tim medis sehingga dalam melakukan pelayanan, pendampingan dapat mencakup di suluruh wilayah Asmat.

Hal tersebut di sampaikan Kasrem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Kav. Ketut Adi Suasta Putra kepada tim yg baru datang yakni Unhas beserta tim dan Rumah Zakat pada rapat evaluasi pendampingan terhadap masyarakat yang telah kembali setelah menjalani perawatan campak dan gizi buruk Tanggal 09 Februari 2018.

Papua butuh orang yang mau tinggal dan mengabdi, bukan hanya yang datang sebentar buat dokumentasi sekedar untuk pencitraan lalu pergi, Itu namanya bukan membantu mengurangi beban masyarakat Asmat tapi justru berusaha mencari keuntungan dengan mengeksploitasi penderitaan Rakyat Asmat, tegas Ketut Adi.

Dalam pemberian pelayanan kesehatan dan lainnya kepada masyarakat di Kabupaten Asmat membutuhkan orang orang yang mau tinggal dalam waktu yang lama bukan hanya datang sebentar lalu kembali sehingga dalam melakukan pelayanan dapat berkesinambungan dan lebih efektif dan efisien, jelas Ketut Adi.

Kasrem juga menyampaikan Siapapun yang datang ke Agats untuk memberikan bantuan atau pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat boleh saja? namum diharapkan untuk melapor ke Posko dan dapat saling bekerjasama dengan Satgas Kesehatan KLB dan Gizi Buruk Kabupaten Asmat. Hal ini  penting karena kita butuhkan adanya data yang terpusat secara satu pintu sehingga informasi yang disampaikan ke masyarakat tidak simpang siur. Disamping itu faktor keamanan adalah hal yang paling penting, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tentunya aparat keamanan juga yang sibuk, ujar Ketut.

Pada kesempatan yg sama ketua tim dari perwakilan UNHAS ( Universitas Hasanudin ) Prof. Idrus Potorusi mengatakan bahwa setelah membaca geografi dan sumberdaya yang ada di Kabupaten Asmat, pihaknya menawarkan beberapa hal yakni : saat ini timnya membawa 7 Dokter Spesialis yang akan tinggal selama 1 bulan di Kabupaten Asmat, dan Selanjutnya berencana akan mengirimkan residen-residen senior untuk melakukan rotasi dari tim yang datang lebih dulu.

Selain itu Unhas merupakan Institusi Pendidikan, pihaknya menawarkan jika ada tenaga kesehatan yang masih D3 (Diploma 3) dan berkeinginan melajutkan pendidikan, kami menawarkan program ke jenjang S1.

Mengakhiri penyampaianya Prof. Idrus Potorusi menitipkanw tim kesehatan Unhas di Kabupaten Asmat hanya meminta agar disiapkan tempat tinggal saja, sementara hal lainnya akan di tanggung oleh Unhas (OS)

Editor :Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI