|

Harga BBM Naik, Pengguna Kendaraan Keluhkan Pertalite yang Kian Boros

Media Nasional Obor Keadilan | Jakarta | Pengguna kendaraan beramai-ramai mengeluhkan BBM bersubsidi jenis Pertalite, yang dianggap semakin boros. Keluhan itu mereka sampaikan melalui akun media sosial Facebook beberapa hari setelah kenaikan harga BBM.

Setidaknya ada lima akun yang menyadari bahwa Pertalite makin ke sini makin cepat boros. Bahkan salah satu pengguna Facebook menyebutkan bahwa jarum bensin kendaraannya berkurang meski dalam kondisi mati atau terparkir.

Berikut beberapa keluhan para pemilik kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi jenis Pertalite:

“Beberapa hari ini bensin cepat habis dengan pemakaian yang gak terlalu jauh, kadang diparkir aja, jarum bensin bisa berkurang, apakah ada yang bocor? Biasanya bagian mana ya? Saya lihat di bawah motor gada tetesan dan gab au bensin,” tulis akun Suzuki Address Indonesia.

“Saya rasa bensin Pertalite sekarang gampang menguap, lebih boro,” tulis akun bernama Achmad Hartatnto.

“Motor ane Beat. Beli bensin full Pertalite yang sekarang kok dapet 12 orderan jarak pendek bensin sudah habis aja, biasanya 22 orerderan masih sisa. Bensin sekarang kok cepat habisnya,” tulis akun Driver Go-Jek Community.

“Selain harganya mengalami kenaikan, ko perasaan Pertalite cepat habis juga, masa baru ngisi ampere bensen cepat banget turunnya,” keluh akun bernama Aby Ya.

“Pantesan saya juga merasakan seperti ini, apakah Anda juga merasakannya? Seperti kayak beda Pertalite sekarang dengan sebelumnya. Jika benar adanya seperti itu mari kita viralkan,” tulis Hisyam Mahrus Ali.

Terkait masalah ini, pakar otomotif Bebin Djuana enggan memberikan komentar. Karena menurutnya harus pihak Pertamina yang menjelaskan, jika memang benar masalah ini terjadi.

Lebih lanjut dirinya juga mengisahkan bahwa zaman dulu bahan bakar minyak (BBM) memang bisa menyusut tapi jumlahnya tidak mencolok. Dirinya pun bingung (apabila memang benar Pertalite lebih boros) kenapa hal tersebut bisa terjadi.

“Dulu sebelum kita menganut Euro 2, memang ada penyusutan tapi jumlahnya tidak mencolok, tapi kualitasnya yang turun drastis, jadi seperti minyak tanah dan di tangki bensin tertinggal seperti aspal,” kata dia kepada Tempo.co.

Redaksi Tempo.co juga sempat mencoba untuk menghubungi Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting pada hari ini, Sabtu, 17 September 2022. Namun sampai artikel ini dimuat, dirinya belum memberikan tanggapan.

Penelusuran media nasional obor keadilan bagaimana?

Hasil investigasi yang dilakukan oleh media ini ternyata tidak berbeda dengan berita yang sudah beredar hampir satu minggu belakangan ini.

Jurnalis media nasional obor keadilan melakukan penelusuran di salah satu SPBU yang berada di Jalan Kartini Depok persis di sebelah kantor camat Pancoran Mas ketika informasi ini ditanyakan kepada beberapa petugas pengisian bahan bakar mengatakan hal yang sama.

Emang betul bahwa sekarang ini pertalite boros kami tidak tahu menahu karena kami hanya mengisi dan mengisi dan menerima pembayaran daripada pengendara roda dua dan roda empat yang mengisi BBM di SPBU tempat kami mencari nafkah atau bekerja ujarnya. (Redaksi)

Komentar

Berita Terkini