|

Solusi Mencegah Stres Pada Ibu Hamil Selama Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Cindy Dwi Juliastuti 

Peserta KKN-DR 144  

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Senin, (10/8-2020) - Di awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya yang disebut Coronavirus Disease ( COVID-19). Virus ini diketahui muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok. Sampai saat ini hampir seluruh negara di dunia  sudah terjangkit virus ini. 


Coronavirus Disease ( COVID-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemis dan Pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease ( COVID-19) yang wajib dilakukan penanganan atau penanggulangan


Berbagai tindakan dan kebijakan di ambil oleh Pemerintah untuk dapat memutuskan rantai penyebaran virus ini. Mulai dari upaya sosialisasi, penerapan sosial distancing sampai penetapan undang-undang sebagai dasar hukum penindakan. Pandemi virus COVID-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga mengancam kesehatan mental  masyarakat. Tidak hanya rasa cemas, takut, etapi efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius.


Pandemi COVID-19 memang membuat banyak orang khawatir bahkan hingga mengalami gangguan stress, tidak terkecuali pada ibu yang sedang  hamil. Padahal gangguan stress yang dialami ibu hamil dapat membawa pengaruh buruk bagi bayi di dalam kandungannya. Lalu, bagaimana solusi dalam mencegah gangguan stress pada ibu hamil selama pandemi COVID-19 ini?

Dilansir dari Pregnancy, Birth, and Baby, sejauh ini memang belum ada bukti bahwa wanita hamil berisiko lebih besar terkena COVID-19. Namun, ibu hamil sangat mungkin terkena penyakit pernapasan yang bisa berujung pada komplikasi serius bila tidak ditangani. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengantisipasi penularan COVID-19 untuk menghindari hal tersebut.


Saat mengkhawatikan hal tersebut, ibu hamil terkadang stres hingga cenderung tidak berselera makan dan sulit tidur. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatannya. Untuk itu, ibu hamil perlu mencegah stres selama pandemi COVID-19 ini. Berikut tipsnya:


1. Menerapkan Protokol Kesehatan.


Selama pandemi COVID-19 ibu hamil harus memperhatikan keamanan dan kesehatan dirinya serta bayi yang ada dalam kandungannya. Hal paling mendasar yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker, hindari menyentuh hidung, mata dan mulut, terapkan etika batuk yang benar serta menjaga jarak dan hindari keramaian.


2. Dekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa


Dalam masa pandemi COVID-19 saat ini, ibu hamil harus lebih memperbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal ini dilakukan guna sebagai upaya penguatan spiritual bagi Ibu hamil dan calon bayi. Seperti ibu hamil yang rajin melaksanakan Shalat, bagi ibu hamil shalat tidak hanya merangsang tumbuhnya rasa bahagia dalam hati, akan tetapi juga dapat memberikan terapis bagi ibu hamil dan buah hati yang ada di dalam kandungannya. 


3. Hindari Baca Berita Tentang Pandemi COVID-19 Berlebihan


Selama pandemi COVID-19, ibu hamil juga perlu untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru mengenai COVID-19. Hal ini untuk mengklarifikasi informasi mengenai COVID-19 yang tidak benar dan sebagai bentuk antisipasi penularannya. Namun, ibu hamil pun perlu membatasi melihat informasi tersebut agar tidak menjadi stres. Paling tidak bacalah berita mengenai COVID-19 satu kali sehari pada pagi hari atau sebelum makan malam.


4. Batasi Penggunaan Media Sosial


Informasi dan diskusi mengenai COVID-19 banyak tersebar di media sosial. Oleh karena itu, ibu hamil perlu membatasi penggunaan media sosial ini. Terus menerus membahas soal COVID-19 selama pandemi ini justru bisa membuat ibu hamil panik, kesal, dan berakhir pada stres. Ubahlah topik pembicaraan saat menggunakan media sosial.


5. Tetap Menjaga Hubungan dengan Teman atau Saudara


Menjaga silaturahmi dengan teman dan keluarga  dapat menghilangkan kebosanan dan mencegah gangguan stres, termasuk pada ibu hamil. Meski sedang social distancing karena pandemi COVID-19, ibu hamil masih bisa tetap terhubung dengan teman atau keluarga melalui telepon atau video call. 



6. Upayakan Tidur yang Cukup


Ibu hamil  ketika mengalami susah tidur  merupakan hal yang umum, karena perubahan tubuh yang terjadi. Namun , kurang tidur pada ibu hamil bisa membahayakan dirinya dan bayi di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mendapatkan tidur yang cukup agar tetap sehat dan terhindar dari stres, termasuk selama pandemi COVID-19. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, ibu hamil perlu tidur tepat waktu dan mengurangi melihat telepon seluler sebelum tidur.


7. Jaga Pola Makan dan Olahraga Teratur


Hal yang tidak kalah penting bagi ibu hamil agar tetap sehat yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur. Dengan badan yang sehat, kesehatan mental ibu hamil pun akan terjaga.


8. Lakukan Hobi dan aktivitas yang positif


Perasaan bahagia merupakan  kunci utama terhindar dari stres. Salah satu mendapatkan kebahagiaan adalah  dengan melakukan hal yang disukai atau hobi serta bernilai positif . Meski di rumah saja, ibu hamil harus tetap melakukan hobinya, seperti bermain alat musik, membaca, memasak atau hal lainnya yang dapat membuat ibu hamil merasa senang. Ibu hamil juga bisa memulai mendekorasi kamar bayi selama social distancing pandemi COVID-19 ini agar tidak  mengalami stress.




9. Lakukan Meditasi


Ibu hamil juga bisa melakukan meditasi untuk mencegah stress  selama pandemi COVID-19 ini. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung Anda lalu biarkan bahu Anda merasa rileks. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengikuti kelas yoga secara online. Dengan mengikuti kelas semacam ini, ibu hsmil bisa bertemu dengan ibu hamil lainnya.


IDENTITAS PENULIS


Nama: Cindy Dwi Juliastuti

Fakultas: Dakwah dan Komunikasi

Jurusan : Bimbingan Penyuluhan Islam-B

Peserta KKN-DR 144  

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara


Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini