|

Pengaruh Pendemi Covid-19 Terhadap Industri Perbankan Syariah

Penulis: Fachrul Rozy

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Kamis, (13/08-2020) - Pengaruh covid-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan masyarakat namun juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Pandemic covid-19 membuat perekonomian semakin menurun, baik global maupun domestic. Tak hanya melemahkan tapi juga memperlambat laju perekonomian nasional.

Kebijakan untuk dirumah saja mengakibatkan pertumbuhan ekonomi melambat. Nah, salah satu sektor yang merasakan dampak ini adalah sektor perbankan dikarenakan adanya kebijakan penundaan pembayaran cicilan bagi nasabah untuk menghindari penularan covid-19. Ini menyebabkan krisis pada perbankan.

Dalam keadaan seperti ini perbankan syariah memiliki keunggulan dibandingkan perbankan konvensional. Keunggulan yang dapat kita lihat dari perbankan syariah adalah perbankan syariahh mendapat untung karena banyaknya nasabah menabung dibank syariah karena factor keyakinan bahwa system syariah sesuai dengan ajaran islam. Dimasa pandemic ini justru perbankan syariah mendapatkan nasabah lebih banyak lagi karena perbankan syariah menempatkan dana secara aman dan dalam jangka panjang tidak ada guncangan dari sisi liuliditas. 

Nah, dimasa pandemic ini perbankan syariah mendorong para nasabah untuk menggunakan mobile banking dan internet banking upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 ini. Covid-19 ini sangat mempengaruhi bank syariah karena bank syariah memperoleh keuntungan yang besar sebab usaha nasabah pun bagus, nasabah menyimpan dana juga akan mendapatkan keuntungan yang besar karena menggunakan system bagi hasil. System bagi hasil inilah yang menjadi pembeda sekaligus diperkirakan dapat menjadi keunggulan perbankan syariah dengan bank konvesional.(***) 

IDENTITAS PENULIS

Nama: Fachrul Rozy

Jurusan: Perbankan Syariah ,FEBI ,UINSU

Kelompok KKN-DR 37 UIN-SU

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini