|

Penerapan Teknologi Ilmu Fisika Selama Dirumah di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis: Dien Rahmi Waruwu

Peserta KKN-DR Kelompok 38

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Senin, (10/8-2020) - Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat erat kaitan nya dengan kehidupan manusia. Ilmu fisika akan berguna bagi manusia apabila sudah diwujudkan dalam bentuk hasil teknologi. Dengan ilmu fisika semua pekerjaan menjadi ringan karena adanya penerapan ilmu fisika yang di implikasikan dalam teknologi yang canggih. 

Apalagi dalam keadaan sekarang ini banyak orang yang menerapkan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari bahwa selama dirumah di tengah pandemi Covid-19 para pelajar maupun mahasiswa yang melakukan belajar daring (online) untuk mengurangi penyebaran Covid-19 tentunya banyak yang menggunakan ponsel/hp tanpa terkecuali bagi masyarakat begitu juga. 

Selama ini banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan ponsel/hp hanya sebagai sarana informasi dan komunikasi di berbagai media sosial atau merupakan teknologi canggih yang dapat membantu untuk menjalankan pembelajaran daring (online) seperti sekarang ini.

Padahal alat ponsel yg sering digunakan selama dirumah masa pandemi ini terdapat penerapan ilmu fisika dimana dalam ponsel terdapat prinsip listrik dan spektrum elektromagnetik (radiasi), yang memanfaatkan pola gelombang yang di miliki oleh listrik dan magnet. 

Ponsel ini pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper. Gelombang (spektrum) elektromagnetik merupakan gelombang yang di pengaruhi oleh medan listrik dan medan magnet yang menghasilkan energi radiasi dalam suatu tempat ke tempat lain.

Gelombang elektromagnetik dianalogikan sebagai kendaraan yang digunakan oleh informasi seperti suara dari pengirim yaitu Base Transseiver Station (BTS) atau menara, untuk mencapai suatu tujuan.

Energi yang dikeluarkan oleh gelombang elektromagnetik kemudian diserap oleh bagian-bagian tubuh manusia sehingga adanya penambahan energi. Penambahan energi menyebabkan perubahan temperatur/suhu pada bagian-bagian tubuh tersebut.

Jadi, setiap aktivitas yang dilakukan selama dirumah di tengah pandemi Covid-19 ini banyak sekali penerapan ilmu fisika lainnya seperti dalam penggunaan pulpen, jam beker, memasak, lensa kamera dan lain sebagainya segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya ilmu fisika semua peralatan canggih yang dapat meringankan pekerjaan manusia tidak dapat terwujud.


IDENTITAS PENULIS 


Nama: Dien Rahmi Waruwu

Prodi: Fisika

Fakultas: Sains dan Teknologi

Peserta KKN-DR Kelompok 38

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini